-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

40 Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli Paling Lengkap dan Detail [Update 2021]

Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli Paling Lengkap dan Detail

Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli Lengkap - Siapa sih yang tidak tahu dengan akuntansi? Didalam dunia bisnis, akuntansi merupakan salah satu komponen yang sangat penting. Orang yang bekerja di dunia akuntansi di kenal dengan sebutan akuntan sesuai dengan bidangnya. Dengan ilmu akuntansi inilah, keuangan perusahaan dapat dilaporkan secara terstruktur sesuai periode bersangkutan.

Tapi, tak sedikit orang yang mendefinisikan bahwa akuntansi itu hanyalah ilmu menghitung uang. Ya, memanng benar sih, namun definisi tersebut masih kurang lengkap dan jelas. Kalau cuma menghitung uang, seorang pedagang juga pasti menghitung uang bukan?

Lalu, apa pengertian akuntansi secara jelasnya? Berikut akan kita kupas secara jelas dan mendalam mengenai pengertian akuntansi menurut para ahli. Simak terus yaa..

40 Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

1. Pengertian Akuntansi menurut Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI)

Menurut IAI, akuntansi adalah proses identifikasi, pelaporan, dan pencatatan informasi ekonomi yang memungkinkan adanya penilaian/koreksi dan pengambilan keputusan yang jelas dan tegas bagi yang membutuhkan informasi keuangan tersebut.

2. Pengertian Akuntansi menurut Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK)

Menurut PSAK, akuntansi adalah kegiatan mencatat, meringkas, mengelompokkan, mengolah serta menyajikan data dan juga transaksi kejadian yang berhubungan dengan keuangan sehingga mudah dimengerti saat pengambilan suatu keputusan oleh orang yang menggunakannya.

3. Pengertian Akuntansi menurut Soemarso S.R

Menurut Soemarso, akuntansi adalah kegiatan identifikasi, pengukuran dan juga kegiatan pelaporan informasi ekonomi yang memungkinkan terjadinya penilaian dan atau pengambilan keputusan yang jelas serta tegas guna melaporkan informasi keuangan kepada pihak yang terkait

4. Pengertian Akuntansi menurut American Accounting Association (AAA)

Menurut AAA, akuntansi adalah suatu proses pengukuran, pengidentifikasian, pencatatan sampai pelaporan transaksi keuangan dari suatu organisasi atau entitas yang dijadikan sebagai pedoman informasi dalam rangka pengambilan keputusan perusahaan.

5. Pengertian Akuntansi menurut Kieso

Menurut Kieso, akuntansi adalah suatu sistem dengan input data informasi disertai output berupa informasi dan laporan keuangan yang bermanfaat baik bagi pengguna internal maupun pengguna luar/eksternal.

6. Pengertian Akuntansi menurut American Institute Of Certified Public Accountants (AICPA)

Menurut AICPA, akuntansi adalah seni pencatatan, penggolongan dan  pengikhtisaran atas kejadian-kejadian yang bersifat keuangan dan transaksi dengan cara tertentu dalam ukuran moneter termasuk menafsirkan hasil-hasilnya.

7. Pengertian Akuntansi menurut Arnold

Menurut Arnold, akuntansi adalah suatu sistem menyediakan informasi kepada siapa saja yang terlibat dalam pengambilan suatu keputusan tersebut. Maksudnya, akuntansi diartikan sebagai sistem penyedia informasi keuangan yang berguna bagi siapa saja yang memiliki kepentingan dalam pengambilan suatu keputusan.

8. Pengertian Akuntansi menurut Abu Bakar A. dan Wibowo

Menurut Abu Bakar A. dan Wibowo, akuntansi adalah prosedur pengakuan, pencatatan dan korespodensi bursa keuangan dari suatu organisasi atau unsur.

9. Pengertian Akuntansi menurut Financial Accounting Standards Board (FASB)

Menurut FASB, akuntansi adalah kegiatan pelayanan jasa dibidang keuangan yang berfungsi menyediakan informasi secara kuantitatif yang kemudian digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan.

10. Pengertian Akuntansi menurut Keputusan Menteri Keuangan

Menurut Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia No. 476 KMK 01 Th 1991, akuntansi adalah suatu proses pengumpulan, pengklasifikasian, penganalisaan, pencatatan, peringkasan, dan juga pelaporan atas suatu transaksi keuangan dan kesatuan ekonomi untuk menyediakan informasi keuangan dalam rangka pengambilan keputusan.

11. Pengertian Akuntansi menurut Kohler's Dictionary

Di dalam kamus ini, akuntansi disebutkan sebagai suatu seni pencatatan atas proses transaksi keuangan yang terjadi.

12. Pengertian Akuntansi menurut Littleton

Menurut Littleton, akuntansi adalah perhitungan komparasi antara beban-beban yang terjadi sebagai sebuah usaha pencapaian hasil yang merupakan tujuan atas usaha tersebut.

13. Pengertian Akuntansi menurut Mulyadi

Menurut Mulyadi, akuntansi adalah pengorganisasian formulir, catatan serta laporan yang dikoordinasikan sedemikian rupa menghasilkan informasi keuangan yang dibutuhkan manajemen dalam memudahkan pengelolaan perusahaan.

14. Pengertian Akuntansi menurut Warren dkk

Menurut Warren dkk, secara umum akuntansi didefinisikan sebagai sistem informasi yang menghasilkan laporan kepada pihak-pihak terkait yang berkepentingan dalam aktivitas ekonomi dan kondisi perusahaan.

15. Pengertian Akuntansi menurut Charles T. Horngren & Walter T. Harrison

Menurut mereka, akuntansi adalah sistem informasi yang digunakan untuk mengukur aktivitas bisnis, memproses data menjadi laporan dan melaporkannya kepada para pengambil keputusan.

16. Pengertian Akuntansi menurut ABP Statement No. 4 dalam Smith Skousen (1995 : 3)

Menurut ABP Statement No. 4 dalam Smith Skousen (1995 : 3), akuntansi adalah aktivitas jasa untuk menyediakan informasi kuantitatif, terutama yang mempunyai sifat dalam pengambilan keputusan ekonomis dan memberika keputusan pilihan-pilihan yang logis diantara tindakan-tindakan alternatif.

17. Pengertian Akuntansi menurut Frederich D.S. Choi, Gerhard G. Mueller

Menurutnya, akuntansi merupakan suatu proses identifikasi, pengukuran, dan pengkomunikasian informasi ekonomi agar memungkinkan para pemakai dalam membuat pertimbangan dan keputusan-keputusan.

18. Pengertian Akuntansi menurut S. Munawir (2005)

Menurut S. Munawir, akuntansi adalah seni penggolongan, pencatatan, dan juga peringkasan atas peristiwa-peristiwa serta kejadian keuangan dengan cara yang cepat dan atau yang dinyatakan dengan uang serta penafsiran terhadap suatu hal yang timbul.

19. Pengertian Akuntansi menurut Henry Simamora (2005)

Menurut Henry Simamora, akuntansi adalah proses pengukuran nilai aktivitas ekonomi suatu entitas dalam satuan uang dan melaporkannya kepada pihak terkait yang berkepentingan.

20. Pengertian Akuntansi menurut Sofyan Harahap (2005)

Menurutnya, akuntansi adalah proses mengidentifikasikan, mengukur lalu menyampaikan informasi ekonomi sebagai bahan informasi pertimbangan pengambilan keputusan oleh para pemakainya.

21. Pengertian Akuntansi menurut Zaki Baridwan (2000)

Menurut Zaki Baridwan, Akuntansi adalah  pelayanan jasa yang fungsinya memberikan data-data yang bersifat kuantitatif utamanya yang bersifat financial / keuangan dari kegiatan usaha yang bisa digunakan sebagai alternatif atau jalan keluar dalam pengambilan keputusan-keputusan ekonomi.

22. Pengertian Akuntansi menurut Suparwoto L

Menurut Suparwoto L, akuntansi adalah teknik atau sistem pengelolaan dan pengukuran bentuk transaksi keuangan dan menyajikan hasil pengelolaan tersebut dalam bentuk laporan informasi yang diberikan kepada pihak-pihak internal perusahaan dan juga pihak-pihak eksternal perusahaan terkait.

23. Pengertian Akuntansi menurut Paul Grady

Menurut Paul Grady, akuntansi adalah tubuh dari ilmu pengetahuan serta fungsi organisasi secara sistematis, original dan autentik dalam proses mencatat, mengklasifikasi, memproses, membuat ikhtisar, menganalisa dan juga menginterprestasi seluruh transaksi keuangan yang terjadi dalam operasional entitas akuntansi dengan tujuan menyediakan informasi bagi manajemen sebagai laporan dan pertanggungjawaban atas kepercayaan yang diterimanya.

24. Pengertian Akuntansi menurut Mulyadi

Menurut Mulyadi, akuntansi berfungsi sebagai suatu alat mencatat sekaligus menyajikan laporan keuangan guna mempermudah manajemen dalam mengelola perusahaan.

25. Pengertian Akuntansi menurut Rudianto

Menurut Rudianto, akuntansi diartikan sebagai sistem yang menyediakan sebuah informasi khususnya keuangan kepada siapa saja yang membuat keputusan dan yang mengendalikannya.

26. Pengertian Akuntansi menurut Dr. M. Gede

Menurut Dr. M. Gede, akuntansi adalah ilmu pengetahuan terapan dan seni pencatatan yang dilakukan secara periodik atau terus-menerus menurut aturan dan sistemnya.

27. Pengertian Akuntansi menurut Sophar Lumbantoruan (1989)

Menurut Sophar Lumbantoruan, akuntansi dirancang sedemikian rupa agar segala transaksi perusahaan tercatat secara teratur dan diolah menjadi informasi yang berguna.

28. Pengertian Akuntansi menurut Accounting Principles Brord Statement No. 4 (Muhammad, 2020:10)

Menurut Accounting Principles Brord Statement No. 4, akuntansi adalah suatu kegiatan jasa yang fungsinya untuk menyediakan informasi secara kuantitatif terutama yang bersifat keuangan agar berguna dalam pengambilan keputusan-keputusan ekonomi sampai membuat pilihan-pilihan nalar antara berbagai alternatif tindakan.

29. Pengertian Akuntansi menurut West Churman

Menurut West Churman, akuntansi adalah pengalaman yang tertulis yang berguna untuk mengambil suatu keputusa yang terjadi dalam suatu perusahaan.

30. Pengertian Akuntansi menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Menurut KBBI, akuntansi adalah suatu teori praktik per-akunan perusahaan termasuk didalamnya tanggung jawab, standar, kebiasaan, prinsip dan semua kegiatan didalamnya; seni pencatatan dan pengikhtisaran transaksi usaha yang bersifat keuangan dan penafsiran akibat terjadinya transaksi terhadap kesatuan ekonomi.

31. Pengertian Akuntansi menurut KAM (1990)

Menurut KAM, akuntansi didefiniskan sebagai suatu senin pencatatan atas transaksi-transaksi keuangan perusahaan.

32. Pengertian Akuntansi menurut Encylopedia Britannica (1962)

Menurut Encylopedia Britannica (1962), akuntansi ialah suatu istilah yang mnerujuk pada teori-teori tertentu, suatu anggapan atau asumsi mengenai cara bertindak, aturan-aturan mengenai cara mengukur dan juga prosedur pengumpulan dan pelaporan informasi yang penting tentang kegiatan-kegiatan dan tujuan dalam organisasi.

33. Pengertian Akuntansi menurut Sugiri dan Riyono (2008:1)

Menurut Sugiri dan Riyono, akuntansi diartikan sebagai suatu kegiatan jasa yang fungsinya menyediakan informasi kuantitatif yang berkaitan dengan keuangan. Informasi tersebut, diharapkan menjadi masukan dalam pengambilan keputusan ekonomi dan rasional.

34. Pengertian Akuntansi menurut Thomas Sumarsan (2013:1)

Thomas Sumarsan menjelaskan bahwasanya akuntansi adalah suatu seni mengumpulkan, mengidentifikasi, mengklasifikasi, dan mencatat transaksi serta kejadian yang berhubungan dengan keuangan, sehingga menghasilkan laporan keuangan yang dapat digunakan oleh pihak-pihak berkepentingan.

35. Pengertian Akuntansi menurut Widjaya Tunggal

Menurut Widjaya Tunggal, akuntansi adalah bahasa perusahaan yang berguna untuk memberikan informasi yang dapat digunakan dalam pengambilan keputusan.

36. Pengertian Akuntansi menurut Wikipedia

Menurut Wikipedia, akuntansi adalah suatu pengukuran, penjabaran atau pemberian kepastian mengenai informasi yang membantu manajer, investor, otorisasi pajak serta pembuat keputusan lain untuk mengalokasikan sumber daya didalam perusahaan, organisasi, dan juga lembaga pemerintah.

37. Pengertian Akuntansi menurut Sudibyo

Menurut Sudibyo, akuntansi adalah suatu teknologi, sehingga harus diperlakukan selayaknya teknologi.

38. Pengertian Akuntansi menurut Mautz

Menurut Mautz, akuntansi merupakan ilmu sosial yang berhubungan dengna perusahaan, yang tentunya merupakan kelompok sosial.

39. Pengertian Akuntansi menurut Suwardjono

Menurut Suwardjono, akuntansi merupskan kegiatan pencatatan, penggolongan, dan peringkasan kejadian dan transaksi usaha yang memengaruhi posisi keuangan perusahaan dengan cara yang berdaya guna dalam bentuk satuan uang.

40. Pengertian Akuntansi menurut Sofyan Syahri Harahap

Menurut Sofyan Syahri Harahap, akuntansi adalah alat komunikasi bisnis yang dapat memberikan informasi tentang bagaimana kondisi keuangan berupa laporan keuangan terutama dalam jumlah kekayaan, utang, dan juga modal suatu bisnis pada periode tertentu.


Itulah sedikit ulasan mengenai 40 Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli Paling Lengkap yang dapat admin sampaikan. Semoga bermanfaat, jangan lupa untuk dishare ya...

2 komentar untuk "40 Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli Paling Lengkap dan Detail [Update 2021]"

Demi peningkatan kualitas blog kelasakuntansi.my.id, setiap komentar yang masuk akan kami sortir terlebih dahulu. Silahkan centang kotak "Notify Me" atau "Beri tahu saya" untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar.