-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahas Tuntas!! Berikut Persamaan Dasar Akuntansi beserta fungsi dan contohnya paling lengkap!

Persamaan Dasar Akuntansi beserta fungsi dan contohnya

Persamaan Dasar Akuntansi - Setelah membahas mengenai manfaat akuntansi dan juga prinsip dasar akuntansi, selanjutnya kita akan membahas tuntas mengenai persamaan dasar akuntansi yang tak kalah pentingnya. Ibarat sebuah rumah, persamaan dasar akuntansi ialah pondasi berdirinya rumah tersebut. Sebagai pondasi, maka persamaan dasar akuntansi ini harus benar-benar dipahami untuk dapat menghasilkan laporan keuangan yang baik, benar dan akurat.

Menurut wikipedia, persamaan dasar akuntansi juga disebut dengan persamaan neraca. Dalam neraca yang benar, antara sisi aktiva dan pasiva harus menunjukkan keseimbangan (balancing). Keseimbangan inilah yang disebut dengan persamaan dasar akuntansi.


Pengertian Persamaan Dasar Akuntansi

Persamaan dasar akuntansi ialah serangkaian konsep, rumus, dan alat untuk melakukan analisis transaksi dan pencatatan dalam menyusun sebuah laporan keuangan. Konsep dari persamaan dasar akuntansi itu sendiri sangatlah sederhana, selayaknya timbangan yang mempunyai sisi kiri dan sisi kanan. Persamaan sederhana ini menggambarkan dua fakta tentang perusahaan:

  • Apa yang dimiliki perusahaan, dan
  • Berapa besar jumlah rasio hutang perusahaan.

Persamaan dasar akuntansi memposisikan diri dengan aset adalah penjumlahan dari utang dan juga modal. Misalkan saja, ketika kita memulai suatu bisnis atau lebih umumnya mendirikan suatu perusahaan, sumber dana pertama kali yang kita miliki biasanya berasal dari pinjaman atau pendanaan dari investor. Dengan demikian, semua aset yang dimiliki perusahaan berasal dari kreditor atau investor termasuk didalamnya kewajiban dan ekuitas.

Rumus Dari Persamaan Dasar Akuntansi

Rumus Persamaan Dasar Akuntansi 1

Seperti pada gambar tersebut, aset merupakan jumlah dari utang dan modal pemilik perusahaan. Aset diakui sebagai saldo debet sehingga pencatatannya berada di sisi kiri. sedangkan untuk utang dan modal diakui sebagai saldo kredit sehingga pencatatannya berada di sisi kanan. 

Persamaan akuntansi umumnya ditulis dengan posisi utang muncul sebelum modal atau ekuitas pemilik. Hal tersebut dikarenakan seorang debitur biasanya harus melakukan pembayaran atau pelunasan sebelum kreditor atau investor jatuh bangkrut. Dalam hal ini, disimpulkan bahwa posisi utang dianggap lebih lancar ketimbang modal.

Rumus di atas merupakan yang paling mendasar dan sederhana dari seluruh pencatatan yang terjadi dari proses penjurnalan sampai tahap penyajian laporan keuangan. Karenanya persamaan tersebut akan berkembang seiring perusahaan beroperasi. Sebagai contoh munculnya elemen biaya, pendapatan dan prive. Sehingga muncul persamaan dasar akuntansi sebagai berikut:

Rumus Persamaan Dasar Akuntansi 2

Biaya atau beban diakui sebagai saldo debet selayaknya akun aset, sehingga ketika terjadi transaksi yang menimbulkan bertambahnya biaya akan dicatat di sisi debet dan akan dikreditkan ketika terjadi transaksi yang menimbulkan pengurangan biaya. Sedangkan untuk akun pendapatan dan prive dicatat pada sisi kredit sama halnya dengan utang dan modal. 


Komponen Persamaan Dasar Akuntansi

Komponen-komponen persamaan dasar akuntansi ialah unsur yang membentuk rumus dari persamaan dasar akuntansi itu sendiri, seperti

1. Aset atau aktiva

Aset ialah seluruh kekayaan perusahaan yang diakui sebagai penambah nilai kekayaan bersih perusahaan di masa mendatang. Aset sendiri terbagi menjadi dua, yaitu:

  • Aset lancar yaitu aset yang mudah untuk dicairkan atau dengan kata lain tak sulit untuk dikonversikan ke bentuk lain. Contohnya: kas, piutang usaha, perlengkapan, biaya dibayar dimuka, persediaan, dan lain sebagainya.
  • Aset tetap yaitu aset perusahaan yang memiliki masa manfaat lama atau lebih dari 1 tahun. Contohnya: kendaraan, gedung, tanah, peralatan, mesin, dan lain sebagainya.
  • Adanya aset tak berwujud seperti goodwill, hak cipta, hak paten dan lain-lainnya.

2. Utang atau kewajiban

Utang merupakan kewajiban perusahaan yang diakui sebagai pengurang nilai kekayaan bersih untuk dibayarkan kepada pihak tertentu. Utang sendiri juga terbagi menjadi dua, yaitu
  • Utang lancar 
Utang lancar yaitu kewajiban perusahaan yang memiliki jatuh tempo kurang dari 1 tahun. Salah satu contoh dari utang lancar atau utang usaha kepada pemasok barang yang kita beli. Atas dasar utang tersebut biasanya sang pemasok memberikan termin kepada pembeli dengan tujuan agar segera dilunasi utangnya tersebut.

Termin merupakan syarat pembayaran yang diberikan oleh pihak penjual saat terjadi akad jual-beli. Biasanya penulisan termin seperti 2/10, n/30 yang artinya pembeli akan mendapatkan diskon sebesar 2% saat melakukan pembayaran dalam jangka waktu 10 hari setelah diserahkannya barang atau jasa yang dibeli secara kredit dengan jatuh tempo pelunasan selama 30 hari.
  • Utang jangka panjang
Utang jangka panjang adalah kewajiban perusahaan yang memiliki jatuh tempo lebih dari 1 tahun. Contoh dari utang jangka panjang adalah utang hipotek atau utang kepada pihak perbankan dalam hal ini pinjaman dengan nilai yang besar.

3. Modal atau ekuitas

Modal merupakan hak pemilik atas semua kekayaan yang dimiliki perusahaan. Modal perusahaan dihitung berdasarkan jumlah dari seluruh aset lancar dan aset tetap dikurangi dengan jumlah utang. Beberapa akun modal ialah:
  • Modal pemilik
  • Penarikan dana pemilik
  • Pinjaman karyawan
  • Pendapatan diterima dimuka
  • Modal hibah
  • Laba ditahan
  • Saham biasa
  • dan lain sebagainya.

4. Biaya atau beban

Biaya atau beban ialah segala pengorbanan yang harus dikeluarkan oleh perusahaan dalam kegiatan usahanya untuk mendapatkan masa manfaat tertentu. Contohnya biaya listrik, biaya iklan, biaya sewa, biaya gaji dan upah, dan lain sebagainya.

5. Pendapatan

Pendapatan ialah penghasilan yang diterima oleh perusahaan atas akibat dari penjualan barang atas jasa secara tunai. Contohnya, penjualan, pendapatan sewa, dan lain sebagainya.

6. Prive

Prive adalah pengambilan aset perusahaan untuk keperluan pribadi sang pemilik perusahaan. Biasanya prive berupa pengambilan sejumlah uang dengan nominal tertentu.

Fungsi Persamaan Dasar Akuntansi

Beberapa fungsi dari persamaan dasar akuntansi adalah:

  • Mengetahui perubahan kekayaan perusahaan atas setiap transaksi yang terjadi.
  • Mempermudah penyajian laporan keuangan
  • Untuk mengetahui berapa penggunaan harta perusahaan dalam hal pemenuhan produksi dan kegiatan operasional perusahaan pada periode tertentu.
Untuk lebih memahami mengenai persaman dasar akuntansi, berikut contoh transaksi yang terjadi yang ada pada perusahaan.

Misalkan, terjadi transaksi pembelian peralatan kantor secara tunai sebesar Rp5.000.000,00. Jurnalnya adalah...?

Berdasarkan rumus permasaan dasar akuntansi yang telah kita pelajari sebelumnya, maka pada kasus tersebut jurnalnya ialah..

Peralatan kantor bertambah (debet)      Rp5.000.000,00

Karena pembelian berlangsung secara tunai, maka akan mengurangi kas (kredit) senilai Rp5.000.000,00

Jurnal umumnya,

Peralatan kantor (Debet)    Rp5.000.000,00

    Kas (Kredit)                       Rp5.000.000,00

Lalu jika transaksi tersebut terjadi secara kredit bagaimana jurnalnya?

Mudah saja sobat, jika kita membeli barang secara kredit maka transaksi tersebut berakibat timbulnya utang. Utang bertambah maka akan menambah juga saldo sisi kredit, jadi jurnalnya ialah..

Peralatan kantor (Debet)      Rp5.000.000,00

    Utang usaha (Kredit)             Rp5.000.000,00

Tambahan lagi ya sobat, misalkan pada kasus pembelian peralatan kredit tersebut disertai dengan termin 2/10, n/30 dan dalam kurun waktu 9 hari setelah pembelian kita melakukan pelunasan, maka jurnalnya ialah..

Kita analisis dulu, dalam termin tersebut dikatakan bahwa jika kita melakukan pelunasan dalam kurun waktu 10 hari setelah penerimaan barang, maka kita akan mendapatkan diskon sebesar 2%, jadi pada kasus ini kita pun mendapatkan diskon sebesar,

2% x Rp5.000.000,00 = Rp100.000,00

Jurnalnya,

Utang usaha (debet)            Rp5.000.000,00

       Potongan pembelian (kredit)      Rp100.000,00

        Kas (kredit)                               Rp4.900.000,00


Sampai sini paham sobat? Semoga paham yaa..

Oke, itulah sedikit ulasan mengenai Persamaan Dasar Akuntansi beserta fungsi dan contohnya yang dapat kita ulas secara detail. Jika ada hal yang ingin ditanyakan silahkan penuhi kolom komentar dibawah ini. Semangat belajar dan jangan lupa untuk di share ya sobat...

Posting Komentar untuk "Bahas Tuntas!! Berikut Persamaan Dasar Akuntansi beserta fungsi dan contohnya paling lengkap!"