-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memahami Pengertian dan Apa Saja Etika Profesi Akuntan

Etika Profesi Akuntan

Etika Profesi Akuntan - Halo sobat, kembali lagi dengan KelasAkuntansi tempat no #1 belajar akuntansi. setelah sebelumnya kita membahas mengenai Tujuan dan Peran Akuntansi, maka pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai, apa saja etika profesi sebagai seorang akuntan.

Sebagaimana mestinya suatu pekerjaan, akuntansi juga memiliki pedoman baik dalam perilaku ataupun bertindak selama menjalankan tugasnya sebagai seorang akuntan. 

Lalu, apa saja etika profesi sebagai seorang akuntan? Yuk, simak berikut penjelesannya.

Etika Profesi Akuntan

Etika profesi akuntan ialah suatu pedoman dalam berperilaku dan bertindak bagi siapa saja yang menjalani profesi sebagai akuntan. Akuntan memiliki tanggung jawab profesional untuk memberikan informasi kepada pihak dengan beragam kepentingan. Etika profesi wajib dimiliki oleh seorang akuntan agar tidak ada pihak yang dirugikan utamanya pihak pemakai informasi.

Adapun prinsip etika profesi adalah sebagai berikut:

a. Tanggung jawab profesi

Dalam melaksanakan tanggung jawabnya sebagai seorang akuntan, semua kegiatan yang dilakukan harus senantiasa menggunakan pertimbangan moral dan dilaksanakan secara profesional.

b. Kepentingan publik

Setiap anggota dalam melaksanakan tugasnya memiliki kewajiban untuk senantiasa bertindak dalam kerangka melayani publik, menghormati kepercayaan publik, serta menunjukkan komitmen atas profesionalisme.

c. Integritas

Setiap anggota memiliki kewajiban untuk selalu memenuhi tanggung jawab profesinya dengan integritas yang tinggi dan juga maksmial agar dapat memelihara dan meningkatkan kepercayaan publik.

d. Objektivitas

Dalam melaksanakan tugas, setiap anggota memiliki kewajiban untuk senantiasa menjaga objektivitasnya dan juga bebas dari benturan kepentingan dalam hal pemenuhan kewajiban profesinya.

e. Kompetensi dan kehati-hatian profesional

Dalam melaksanakan jasa profesionalnya, setiap anggota harus menjalankan dengan penuh rasa kehati-hatian, kompeten dan juga tekun, serta berkewajiban untuk senantiasa mempertahankan pengetahuan dan juga keterampilan profesional pada tingkat yang diharapkan.

f. Kerahasiaan

Selama melaksanakan jasa profesional sebagai seorang akuntan, masing-masing anggota harus dan wajib untuk menghormati segala kerahasiaan informasi yang ada dan tidak diperbolehkan untuk memakai ataupun mengungkapkan informasi tersebut tanpa persetujuan, kecuali ada hak atau kewajiban profesional atau hukum yang memperbolehkan untuk mengungkapkannya.

g. Perilaku profesional

Setiap anggota diwajibkan agar selalu konsisten dengan reputasi profesi yang baik dan menjauhi segala tindakan yang dimana dapat menciderai profesi akuntansi.

h. Standar teknis

Standar teknis artinya ialah setiap anggota dalam melaksanakan jasa profesionalnya harus selalu berpedoman atau berpegang teguh dengan standar teknis dan standar profesional yang relevan sesuai dengan bidang keahliannya dan harus dilaksanakan dengan penuh kehati-hatian. Selain itu pula, setiap anggota harus tetap melaksanakan tugas yang diberikan oleh pihak penerima jasa selama tugas yang diberikan tersebut masih tetap sejalan dengan prinsip integritas dan objektivitas.


Oke sobat, itulah ulasan mengenai Etika Profesi Akuntan. Apabila ada yang ingin ditanyakan, silahkan isi kolom komentar yang ada dibawah. Happy Studying sobat :) Semoga cepat paham ya..

Posting Komentar untuk "Memahami Pengertian dan Apa Saja Etika Profesi Akuntan"