Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Jenis dan Kriteria Sertifikat untuk SNMPTN 2022

Jenis dan Kriteria Sertifikat untuk SNMPTN 2022

Artikel ini membahas mengenai jenis dan kriteria sertifikat apa saja yang dapat digunakan atau dilampirkan dalam pendaftaran dan seleksi SNMPTN 2022.

Silahkan baca artikel ini dengan seksama agar dapat memahami betul dan tidak salah kaprah!

Halo temanku! Tidak terasa ya waktu begitu cepat berputar. Akhirnya, program pemerintah wajib belajar 12 tahun sebentar lagi akan tertuntaskan dalam beberapa bulan ke depan. Bagaimana? Lagi pusing mikirin persiapan masuk kampus ya? (WkwkSama!!)

Oiya, pendaftaran SNMPTN 2022 sudah dimulai nih mulai hari ini, tepat pada tanggal 15 Februari sampai 24 Februari 2021. Yuk yang mau hari ini langsung daftar bisa klik link dibawah ini:

Dashboard Pendaftaran SNMPTN 2022

Kalau berbicara tentang SNMPTN, pasti teman-teman pada bingung ya? Kira-kira kriteria piagam atau sertifikat yang bisa buat menambah poin di SNMPTN itu apa saja?

Seperti yang kita ketahui ya teman-teman, bahwasanya penilaian untuk SNMPTN bukan semata-mata dari nilai raport saja, melainkan sertifikat kejuaraan juga mampu mendongkrak nilai kita untuk bersaing dengan pejuang PTN lainnya. Eits, memang sertifikat kejuaraan saja yang bisa buat menambah nilai SNMPTN? Yang bukan kejuaraan juga bisa kali! Hehe

Yuk kita bahas satu per satu sertifikat apa saja yang dapat digunakan untuk dilampirkan dalam seleksi SNMPTN 2022 ini agar bisa memperbesar peluang lolos SNMPTN.

Jenis dan Kriteria Sertifikat untuk SNMPTN 2022

Syarat atau Kriteria Sertifikat untuk SNMPTN 2022

Yang pertama akan kita bahas adalah syarat dari sertifikat SNMPTN dulu.

Intinya ya teman-teman, syarat sertifikat yang bisa menambah nilai adalah QUALIFIED dan RELAVAN. Maksudnya bagaimana tuh?

Jadi begini teman-teman, mau sertifikat itu qualified bagaimanapun namun jika tidak relevan dengan jurusan yang dipilih maka tidak akan menambah nilai. Dan sebaliknya, jika sertifikat itu relevan dengan jurusan yang dipilih namun tidak qualified juga tidak akan menambah nilai di SNMPTN.

Kriteria Sertifikat atau Piagam SNMPTN yang Qualified

Contoh Sertifikat yang Qualified untuk SNMPTN


Memang bagaimana contoh sertifikat yang tidak QUALIFIED?

Sertifikat Yang Tidak Dapat Dilampirkan dalam SNMPTN

1. Sertifikat workshop, seminar, atau webinar

Pasti pernah kan teman-teman ikut seminar atau sejenisnya kemudian di akhir acaranya teman-teman akan mendapatkan sertifikat dari panitia? Nah, jenis sertifikat yang seperti itu tidak bisa kita gunakan untuk menambah nilai di SNMPTN.

2. Sertifikat TOEIC, TOEFL, dan IELTS

Sertifikat yang bersifat keahlian bahasa ini juga tidak dapat dilampirkan dalam pendaftaran seleksi SNMPTN 2022 ya teman-teman. Ini juga berlaku untuk tes bahasa yang lainnya selain bahasa inggris. Karena sertifikat jenis ini bukan suatu kompetisi perlombaan ya.

3. Sertifikat Beasiswa

Ini jelas tidak bisa ya teman-teman. Dan ingat, jangan terlalu memaksakan untuk melampirkan sertifikat ya. Jika memang tidak ada sertifikat ya sudah tidak usah dilampirkan, banyak-in berdoa saja ya:)

4. Sertifikat Juara Tryout UTBK

Untuk persiapan masuk kampus, pasti teman-teman sering kan ikut TO TO Online yang nantinya akan mendapatkan sertifikat dan hadiah ketika masuk 10 besar terbaik? Nah sertifikat tersebut tidak dapat dimasukkan dalam seleksi SNMPTN 2022.

5. Sertifikat yang dikeluarkan oleh lembaga yang tidak terdaftar atau terakreditasi, biasanya diadakan tingkat nasional

Ha? Bagaimana tuh maksudnya? 

Contohnya itu lomba menulis puisi yang diadakan oleh website www.blablabla.com atau lainnya yang dimana bukan diadakan oleh dinas-dinas atau instansi yang terakreditasi seperti universitas dll.

6. Sertifikat SMP

Untuk mendaftar SNMPTN, teman-teman hanya bisa menggunakan sertifikat yang didapatkan selama duduk di bangku SMA/SMK.

7. Sertifikat yang dikeluarkan oleh sekolah sendiri

Untuk sertifikat yang dikeluarkan sendiri oleh sekolah seperti sertifikat anggota keorganisasian itu tidak dapat digunakan ya teman-teman, kecuali sertifikat keorganisasian yang dimana teman-teman memiliki jabatan di dalamnya, misal Ketua OSIS, ketua Pramuka, ketua PMR, dll (Itupun tidak semua universitas dapat menerima, sebagai contoh IPB itu dapat menggunakan sertifikat ketua OSIS karena ada jalur khusus untuk siswa yang pernah menjabat sebagai ketua OSIS semasa di SMA/SMK).

Sertifikat yang bisa digunakan untuk SNMPTN 2022

1. Sertifikat Olimpiade Sains Nasional (OSN)

OSN sendiri merupakan cabang lomba yang diadakan oleh Kemendikbud RI untuk siswa jenjang SD/SMP/SMA sederajat yang meliputi olimpiade matematika, fisika, kimia, ekonomi, biologi, astronomi dan lain sebagainya.

Sertifikat OSN ini dapat teman-teman gunakan karena dapat menambah poin dalam seleksi SNMPTN. Sertifikat yang dapat di upload minimal adalah tingkat kabupaten atau kota.
Jika saya punya sertifikat kejuaran di tingkat kabupaten dan tingkat provinsi, mana yang lebih baik saya pakai?

Semakin tinggi tingkatan sertifikat juara yang kalian ikuti, maka semakin tinggi nilai yang akan kalian dapatkan, jadi gunakanlah yang di tingkat Provinsi saja.

Tapi kalau saya mengikuti lomba OSN namun hanya sampai sebagai peserta saja bagaimana? Apakah bisa digunakan untuk seleksi SNMPTN?

Jawabannya jelas bisa teman-teman, soalnya di dalam lomba-lomba olimpiade seperti OSN itu pasti ada seleksi-seleksinya untuk bisa lolos ke babak selanjutnya, hanya saja poin yang diperoleh beda dengan yang mendapatkan juara. 

2. Sertifikat O2SN

Olimpiade Olahraga Siswa Nasional atau O2SN merupakan kompetisi non akademik bidang olahraga yang diperuntukkan kepada siswa SMA sederajat. Adapun jenis perlombaannya meliputi: Senam, Bulu tangkis, Renang, Karate, Atletik, dan Pencak silat.

Sertifikat jenis ini juga sangat bisa digunakan untuk menambah poin dalam seleksi SNMPTN 2022.

3. Sertifikat FLS2N

Sertifikat dari kompetisi non akademik bidang seni ini sangat bisa digunakan dalam seleksi SNMPTN. Silahkan bagi teman-teman yang pernah mendapatkan kejuaraan lomba di bidang FLS2N dapat melampirkannya dalam seleksi SNMPTN. Sertifikat yang juara saja yaa...

Bagaimana jika sertifikatnya dalam bentuk tim/kelompok?

Tidak masalah! Silahkan upload saja di laman pendaftaran SNMPTN.

4. Sertifikat Lomba Esai atau LKTI

Biasanya instansi yang mengadakan lomba-lomba ini adalah univeristas-universitas dan biasanya tingkat nasional. Lomba ini ditujukan kepada siswa agar dapat menumbuhkan ke-kreatifitasan dalam berkompetisi.

Bagi teman-teman yang mempunyai sertifikat lomba esai atau LKTI dapat dilampirkan nih! Tapi ingat yang juara saja ya,, yang peserta tidak usah karena tidak akan menambah nilai.

5. Lomba Kompetisi Olimpiade, LCC, dan lainnya

Selanjutnya, teman-teman dapat melampirkan jenis sertifikat apapun itu kecuali yang tidak QUALIFIED di atas ya. Dengan ketentuan bahwa minimal teman-teman menjadi finalis pada perlombaan tersebut.

6. Sertifikat Keorganisasian

Memang bisa sertifikat OSIS, Pramuka, atau MPK bisa buat SNMPTN?

Bisa kok teman-teman, namun ada syarat khususnya. Yaitu teman-teman memiliki jabatan dalam keorganisasian itu, maksudnya bukan sebatas sebagai anggota atau pengurus saja, melainkan seperti menjadi ketua OSIS, Pramuka, MPK, Sekretaris, Bendahara, dll.

Dan sepengetahuan saya berdasarkan informasi dari kakak kelas, tidak semua universitas menerima sertifikat jenis ini. Hanya beberapa yang menerimanya, sebagai contoh IPB bisa menggunakan sertifikat Ketua OSIS.

7. Sertifikat Keahlian

Khusus siswa SMK, biasanya sebelum atau sesudah Ujian Sekolah pasti ada LSP atau Ujian Kompetensi Keahlian kan? Nah, sertifikat tersebut bisa teman-teman gunakan. Namun ingat, harus sesuai dengan jurusan yang kamu tuju.

Semisal kamu mau lanjut ke jurusan akuntansi, maka sertifikat keahlian yang kamu miliki juga sertifikat keahlian akuntansi.

Kesimpulan

  • Untuk menambahkan sertifikat di dalam laman seleksi SNMPTN, pastikan sertifikat yang di upload merupakan sertifikat yang QUALIFIED dan RELEVAN dengan jurusan yang dituju. Misal mau masuk jurusan sastra Inggris, maka sertifikat yang digunakan juga yang berhubungan dengan lomba bahasa Inggris. Ingat! Harus RELEVAN dengan jurusan yang dituju!
  • Jika mempunyai sertifikat dengan beberapa tingkatan, silahkan gunakan sertifikat dengan tingkat yang lebih tinggi. Misal punya sertifikat tingkat provinsi dan nasional, silahkan upload saja yang nasional atau mau keduanya juga sangat boleh.
  • Sertifikat peserta lomba olimpiade dapat digunakan untuk seleksi SNMPTN 2022, karena dalam lomba olimpiade per tahapnya pasti ada seleksinya kan? Khusus yang lomba Olimpiade ya, misal sertifikat TOP 38 Olimpiade APBN, nah itu bisa.
  • Jenis sertifikat yang bisa digunakan hanyalah sertifikat yang dikeluarkan oleh instansi-instansi yang terdaftar dan terakreditasi.
  • Hanya sertifikat ditingkat SMA/SMK saja yang bisa digunakan untuk  menambah nilai SNMPTN.
  • Maksimal sertifikat yang dapat di upload dalam laman pendaftaran SNMPTN ialah 3 sertifikat.
  • Pilihlah sertifikat yang memang kalian anggap bagus dan menunjang untuk lolos di jurusan impian kalian.
Buat teman-teman yang ingin mengetahu tips sukses lolos SNMPTN 2022, dapat teman-teman baca artikel berikut ini:
Mungkin itulah ulasan yang bisa saya berikan tentang sertifikat yang bisa digunakan untuk SNMPTN. Semoga bermanfaat dan bisa lolos seleksi SNMPTN 2022. Aamiin!!

Agung Irianto
Agung Irianto Menulis menjadi hal wajib, karena ilmu tidak akan bermanfaat bila di tampung sendiri.

Posting Komentar untuk "Jenis dan Kriteria Sertifikat untuk SNMPTN 2022"