-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berkas yang Harus Dibawa Saat Tes UTBK SBMPTN 2021

Berkas yang Harus Dibawa Saat Tes UTBK SBMPTN 2021

Pada kali ini, kita akan membahas mengenai berkas apa saja yang perlu dibawa peserta UTBK SBMPTN 2021 bagi lulusan tahun 2019, 2020, dan 2021 dan juga tata tertib UTBK SBMPTN 2021.

Pelaksanaan UTBK SBMPTN 2021 akan dilaksanakan per 12 April 2021 ini. Lantas apa saja berkas-berkas yang perlu dibawa saat pelaksanaan tes UTBK SBMPTN di tahun ini?


Berkas-berkas dan Perlengkapan yang Harus Dibawa Peserta Saat UTBK SBMPTN 2021

Surat Keterangan Lulus (SKL) Asli

Bagi teman-teman lulusan tahun 2021, pasti kebanyakan ijazah yang sah dari sekolah belum keluar. Oleh sebab itu, silahkan teman-teman membawa Surat Keterangan Lulus yang asli dari sekolah dengan ketentuan berikut ini:

  • Pada Surat Keterangan Lulus harus terdapat: Nama siswa, NISN, NPSN Sekolah, dan pasphoto siswa terbaru (3 bulan terakhir).
  • Tanda tangan kepala sekolah.
  • Cap/stempel basah dari sekolah
Peringatan! SKL yang kalian gunakan ialah yang asli dengan tanda tangan dan cap basah (biasanya berwarna ungu). Jikalau kalian hanya diberikan scan-an nya saja, maka jangan terima.

Surat Keterangan Aktif

Bagi siswa lulusan 2021 yang belum dinyatakan lulus oleh sekolah pasti belum mendapatkan Surat Keterangan Lulus dari sekolah. Oleh karena itu, pihak LTMPT memberikan alternatif dengan menggunakan Surat Keterangan Aktif (SKA) atau Surat Keterangan Identitas Pelajar dari sekolah sebagai siswa.

Data apa saja yang harus ada dalam Surat Keterangan Aktif atau Surat Keterangan Identitas Pelajar dari sekolah untuk UTBK SBMPTN 2021 ini?

  • Surat dalam bentuk hardfile bukan softfile.
  • Memuat informasi biodata diri (Nama lengkap, TTL, NISN, dan NPSN)
  • Foto berwarna terbaru dengan ukuran dan background bebas.
  • Ditanda tangani oleh kepala sekolah dan berstempel basah.
Intinya, dalam surat tersebut harus termuat kalimat yang menyatakan bahwa siswa atas nama di bawah ini benar-benar sebagai siswa aktif di SMA/SMK (X) dan sedang duduk di kelas 12 sekarang ini. SKA ini sebagai pengganti SKL bagi siswa yang belum dinyatakan lulus dari sekolah.

Untuk kedua berkas di atas hanya diperuntukkan bagi peserta didik lulusan tahun 2021, untuk lulusan tahun 2019/2020 dapat menggunakan berkas di bawah ini.

FC Ijazah Legalisir

Berkas ini hanya diperuntukkan bagi siswa lulusan tahun 2019 dan 2020. Jadi untuk teman-teman yang sebelumnya Gap Year (lulusan tahun 2019 & 2020), diwajibkan untuk membawa FC Ijazah Legalisir. Tidak boleh membawa Surat Keterangan Lulus ataupun Surat Keterangan Aktif. 

Apabila memang tidak mempunyai FC Ijazah yang dilegalisir, teman-teman boleh membawa Ijazah Asli. Dengan ketentuan dapat menjaga ijazah tersebut dengan baik dan jangan sampai hilang dan risiko ditanggung peserta.

Mengapa lulusan 2019 dan 2020 sangat disarankan untuk membawa FC Ijazah legalisir? Karena ijazah asli hanya dapat dicetak satu kali sehingga apabila hilang tidak akan bisa dicetak kembali. Maka dari itu, sangat disarankan untuk membawa FC Ijazah yang dilegalisir (disahkan sekolah).

Kartu Identitas Diri

Untuk menghindari terjadinya kecurangan, maka peserta diharapkan membawa kartu identitas diri yang resmi. Silahkan bawa salah satu kartu identitas berikut ini:

  • KTP
  • SIM
  • Paspor
  • Kartu pelajar
Apabila ke empatnya tidak punya, silahkan membawa FC Kartu Keluarga.

Kartu Peserta UTBK SBMPTN 2021

Berkas terakhir yang dibawa ialah kartu tanda peserta UTBK SBMPTN 2021 yang sudah dicetak bukan berupa file di HP, dengan ketentuan:

  • Kartu tanda peserta UTBK 2021 tersebut dicetak pada kertas HVS putih ukuran A4/F4 (pilih salah satu).
  • Kartu peserta UTBK 2021 dicetak berwarna (bukan hitam putih).
  • Pastikan foto, nama, nomor pendaftaran, dan QR Code UTBK SBMPTN 2021 terlihat jelas karena data tersebut akan digunakan untuk pengecekan keaslian peserta dan juga scan QR Code untuk memastikan bahwa yang mengikuti UTBK ialah benar-benar peserta.
Saran kami silahkan kartu peserta UTBK tersebut kalian print 3 lembar. 2 dibawa sebagai pelengkap berkas UTBK dan untuk jaga-jaga jika rusak atau hilang, dan satunya kalian simpan di rumah. 

Pentingnya kartu peserta UTBK 2021:

  • Sebagai syarat masuk ruang ujian.
  • Biasanya nomor peserta UTBK akan digunakan untuk melihat pengumuman kelulusan SBMPTN 2021 nanti.
  • Apabila dinyatakan lolos, kartu peserta ini akan digunakan untuk daftar ulang di kampus masing-masing. Jika hilang, bisa saja kelulusan kalian diragukan oleh kampus bahkan kemungkinan juga bisa digagalkan kelulusannya.
  • Sebagai syarat untuk daftar Seleksi Mandiri.

Perlengkapan

Untuk saat ini, perlengkapan yang wajib kalian bawa ialah MASKER! Jadi, selama pelaksanaan UTBK ini pastikan selalu menjaga protokol kesehatan dengan selalu memakai masker.

Selain itu, silahkan membawa:

  • Alat tulis (pensil, bolpoint, penghapus, dll).
  • Bawa minum agar tidak dehidrasi. Namun di tahun 2021 ini, pelaksanaan UTBK 2021 tepat waktu puasa, jadi jangan minum :v
Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan bertanya di kolom komentar yaaa...

2 komentar untuk "Berkas yang Harus Dibawa Saat Tes UTBK SBMPTN 2021"

  1. kak kalau cuma bawa SKA nya gimana,bisa atau ngga,soalnya SKL nya belum ada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sesuai ketentuan jika belum punya SKL, bawa SKA saja

      Hapus

Demi peningkatan kualitas blog kelasakuntansi.my.id, setiap komentar yang masuk akan kami sortir terlebih dahulu. Silahkan centang kotak "Notify Me" atau "Beri tahu saya" untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar.