-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Registrasi Akun KIP Kuliah 2021 Bagi Gap Year

Cara Registrasi Akun KIP Kuliah 2021 Bagi Gap Year

Pada kali ini, kita akan membahas mengenai cara pendaftaran atau registrasi akun KIP Kuliah 2021 bagi teman-teman Gap Year.


Pendaftaran KIP Kuliah sudah dimulai sejak 8 Februari sampai Oktober 2021. Bagi peserta didik yang mendaftar melalui jalur SNMPTN, bisa mulai mendaftar dari tanggal 8 Februari 2021 dan untuk pendaftar SBMPTN atau UTBK, pendaftaran KIP Kuliah bisa dilakukan per tanggal 15 Maret 2021 tepat pada hari pertama pendaftaran UTBK 2021.

Dengan itu, bagi teman-teman lulusan tahun 2019/2020 bisa memulai mendaftar KIP Kuliah per tanggal 15 Maret 2021 kemarin. Atau memperbarui akun KIP Kuliah 2020 yang lalu kemudian mengisi data-data yang diperlukan sampai menu "seleksi" muncul.

Apa itu KIP Kuliah?

KIP Kuliah merupakan program dari pemerintah yang bertujuan memberikan akses kepada seluruh siswa di Indonesia agar dapat melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi khususnya bagi siswa yang kurang mampu dan memiliki prestasi yang baik.

Panduan Registrasi Akun KIP Kuliah 2021 Bagi Gap Year yang Belum Punya Akun

Buat teman-teman yang belum mendaftar akun KIP Kuliah di tahun 2020, maka teman-teman bisa memulai mendaftar akun KIP Kuliah dari sekarang. Kami rekomendasikan jangan terburu-buru dalam hal pendaftaran KIP Kuliah ini, karena biasanya server down akibat banyaknya yang akses laman KIP Kuliah.

Untuk pendaftarannya, teman-teman dapat mengunjungi laman: https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/siswa/pendaftaran/baru, dan tampilannya akan seperti dibawah ini:

Panduan Registrasi Akun KIP Kuliah 2021 Bagi Gap Year yang Belum Punya Akun

Silahkan isi form yang ada mulai dari Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan juga Email aktif dan kemudian ikuti prosedurnya.

Pastikan email yang kalian gunakan merupakan email yang aktif, karena kode akses dan nomor pendaftaran akan dikirim ke email yang didaftarkan tersebut.

Apabila sudah melakukan registrasi akun baru, silahkan isi semua data dari setiap menu yang ada, mulai dari biodata, keluarga sampai pada menu seleksi.

Panduan Registrasi Akun KIP Kuliah Bagi Gap Year yang Sudah Punya Akun KIP Kuliah 2020

Panduan Registrasi Akun KIP Kuliah Bagi Gap Year yang Sudah Punya Akun KIP Kuliah 2020

Bagi teman-teman yang sudah memiliki akun KIP Kuliah namun belum diterima sebagai mahasiswa penerima KIP kuliah di suatu kampus, maka akun tersebut masih bisa digunakan untuk mendaftar di tahun 2021. Tidak perlu membuat akun baru lagi. Lantas bagaimana caranya?

1. Login

Silahkan login terlebih dahulu ke akun KIP Kuliah melalui laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/siswa/auth/login

Untuk bisa login ke akun KIP Kuliah, diperlukan no. pendaftaran dan juga kode akses akun KIP Kuliah kalian di tahun 2020. Jika lupa, silahkan cek kembali email yang kalian gunakan untuk mendaftar dulu di tahun 2020.

2. Perbarui Akun

Setelah bisa masuk ke halaman KIP kuliah, maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini yang terdapat informasi perbarui akun KIP kuliah 2020.

Panduan Pembaruan Akun KIP Kuliah bagi Gap Year

Disana akan tertera informasi bahwa proses ini ditujukan apabila tahun kemarin teman-teman belum diterima di perguruan tinggi manapun dan ingin mencoba kembali mengikuti proses seleksi penerimaan KIP kuliah kembali di tahun 2021 ini.

Pastikan data-data yang ada sudah benar dan lanjut ke proses selanjutnya.

3. Masukkan Email

Scroll sampai ke bagian bawah maka akan muncul tampilan yang dimana kalian diminta untuk memasukkan email yang kalian gunakan di tahun 2020, lalu lanjutkan untuk memperbarui akun KIP kuliah.

Jika sudah diisi, silahkan klik Perbarui Akun.

4. Pengisian Data KIP Kuliah

Apabila sudah memperbarui akun KIP kuliah kalian, silahkan login kembali ke dashboard KIP kuliah. Nah, disini teman-teman akan mengisi kembali data-data yang ada dari awal, selayaknya pendaftar baru.

Lupa Email KIP Kuliah?

Kak, gimana solusinya jika saya lupa email KIP kuliah saya?

Tenang saja. Jika teman-teman lupa mengenai email yang kalian daftarkan di KIP kuliah, silahkan hubungi helpdesk yang ada di website KIP kuliah untuk memintakan alamat email yang digunakan. Pastikan untuk menuliskan data seperti nama lengkap, NISN, NPSN, dan NIK yang digunakan untuk mendaftar KIP Kuliah 2020 lalu ya..

Prosedur mengenai cara menghubungi Helpdesk KIP Kuliah 2021, bisa teman-teman baca pada Cara Menghubungi Helpdesk KIP Kuliah 2021 yang benar.

sumber: https://www.yusufstudi.com/2021/02/registrasi-kip-kuliah-gapyear.html

Posting Komentar untuk "Cara Registrasi Akun KIP Kuliah 2021 Bagi Gap Year"