-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ketentuan Cetak Kartu Tanda Peserta SNMPTN 2021

Ketentuan Cetak Kartu Tanda Peserta SNMPTN 2021

Ketentuan Cetak Kartu Tanda Peserta SNMPTN 2021 - Pengumuman Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur SNMPTN akan segera dilaksanakan pada tanggal 22 Maret 2021. Salah satu persyaratan bagi yang telah dinyatakan lolos SNMPTN ialah melampirkan kartu tanda peserta saat melakukan daftar ulang di PTN terkait. Nah, bagaimana cara untuk mengunduh dan mencetak kartu peserta SNMPTN 2021 tersebut?


Cara Unduh/Download Kartu Peserta SNMPTN

  • Pertama, silahkan login ke laman https://snmptn.ltmpt.ac.id
  • Kemudian selesaikan penginputan atau pengisian data mulai dari biodata diri, jumlah tanggungan orang tua, ptn dan jurusan yang dipilih, portofolio dan juga piagam prestasi bagi yang memiliki.
  • Setelah semuanya terisi lengkap, cek terlebih dahulu semua data yang ada, pastikan jangan sampai ada data yang salah. Jika sudah, silahkan klik "finalisasi" dan klik centang pada popup box yang muncul kemudian unduh kartu registrasi peserta SNMPTN 2021.
Jika sudah finalisasi, data apapun itu tentang SNMPTN tidak bisa diubah kembali dengan alasan apapun. Alias data sudah disimpan permanen oleh pihak LTMPT.

Saya sudah finalisasi kak, tapi kok kartu registrasi peserta SNMPTN-nya tidak dapat diunduh?

Memang masalah ini kerap kali terjadi bagi para peserta SNMPTN, hal itu lumrah karena server pusat sedang down akibat banyaknya yang mengakses laman SNMPTN tersebut. Dan bagi teman-teman yang melakukan finalisasi di hari terakhir pendaftaran, maka jangan heran jika kerap menemui masalah di laman SNMPTN. Maka dari itu, usahakan melakukan finalisasi setidaknya 3-5 hari sebelum penutupan pendaftaran.

Selain permasalahan tersebut, biasanya karena tidak menggunakan laptop dalam pendafataran tersebut. Jadi, biasakan untuk menggunakan laptop dalam melakukan pendaftaran dan unduh kartu tanda peserta SNMPTN. Jika tidak punya bisa pinjam ke tetangga/saudara/warnet terdekat. 

Ketentuan Cetak Kartu Tanda Peserta SNMPTN 2021

1. Ukuran Kertas

Untuk ukuran kertas yang digunakan dalam mencetak kartu registrasi tanda peserta SNMPTN 2021 ialah A4 atau F4 (tidak ada ketentuan pasti). Akan tetapi, alangkah baiknya jika semua ukuran kertas dokumen-dokumen yang diperlukan disamakan ukurannya A4 atau F4.

2. Jenis Kertas

Jenis kertas yang digunakan untuk mencetak kartu tanda peserta SNMPTN ialah bebas. Biasanya menggunakan kertas HVS berat 70 gram atau 80 gram dengan ukuran kertas A4 atau F4.

Warna kertas yang digunakan ialah warna putih bukan buram apalagi warna lain.

3. Cetak Berwarna

Silahkan cetak kartu dengan print out berwarna bukan hitam putih!

4. Tanda tangan

Setelah kartu peserta tersebut dicetak (print) dengan printer berwarna, silahkan tanda tangan pada tempat yang telah tertera dengan menggunakan bolpoint dan diberi nama terang teman-teman. Tidak Usah Menggunakan Materai!

5. Simpan

Setelah semuanya selesai dari cetak kartu sampai tanda tangan, silahkan simpan baik-baik kartu registrasi SNMPTN 2021 tersebut. Kami menyarankan, jangan hanya mencetak kartu peserta dalam 1 lembar saja, tapi cetak sebanyak 2-3 lembar. 

Kenapa? Untuk jaga-jaga, karena biasanya setelah pendaftaran SNMPTN ditutup, kartu registrasi peserta tidak dapat diunduh ulang. Jadi, lebih baik dicetak sekarang dan jangan ditunda-tunda.

Manfaat Kartu Registrasi Peserta SNMPTN 2021

Kartu registrasi peserta SNMPTN ini bisa dikatakan sangat penting. Pasalnya, kartu ini menjadi salah satu persyaratan wajib dalam melakukan kegiatan daftar ulang di PTN yang sudah menerima kalian melalui jalur SNMPTN.

Untuk cara melihat hasil pengumuman SNMPTN 2021, dapat teman-teman baca pada artikel dibawah ini:


Sumber: yusufstudi.com/2021/02/ketentuan-kartu-peserta-snmptn.html

3 komentar untuk "Ketentuan Cetak Kartu Tanda Peserta SNMPTN 2021"

  1. 4 tahun yang lalu saya ingat betul ngurus berkas berkas snmptn walaupun gak lolos SNMPTN 😊, dan beberapa minggu ini sibuk lagi dengan hal itu karna adik saya daftar SNMPTB juga. Nice info sangat bermanfaat bagi orang yang belum terlalu faham.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sama mas. Tahun ini saya juga sedang berjuang. Semoga besok pas pengumuman dapet ijo. Aamiin

      Hapus
    2. Aamiin semoga diterima di kampus impian.

      Hapus

Demi peningkatan kualitas blog kelasakuntansi.my.id, setiap komentar yang masuk akan kami sortir terlebih dahulu. Silahkan centang kotak "Notify Me" atau "Beri tahu saya" untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar.