-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Silabus Akuntansi Keuangan Kelas XI Kurikulum 2013 Revisi 2017

Download Silabus Akuntansi Keuangan Kelas XI Kurikulum 2013 Revisi 2017

Download Silabus Akuntansi Keuangan Kelas XI Kurikulum 2013 - Berikut ini kami sajikan artikel Download Silabus Akuntansi Keuangan Kelas XI Kurikulum 2013 Revisi 2017 untuk SMK bidang keahlian bisnis dan manajemen.

Silabus ini sudah kami susun dan sesuaikan berdasarkan pada kurikulum 2013/K13 terbaru dan kami kembangkan menjadi tujuh kolom yang didalamnya termuat Kompetensi Dasar (KD), Indikator, Materi Pembelajaran, kegiatan pembelajaran, alokasi waktu pembelajaran serta rencana penilaian dan sumber belajar.

Perlu di ingat, silabus yang kami bagikan ini hanyalah model pembelajaran saja. Bapak/Ibu Guru dapat untuk mengembangkannya kembali serta menyesuaikan dengan sumber daya yang ada, karakteristik, kekhasan daerah/satuan pendidikan sekolah sesuai dengan potensi siswa di masing-masing sekolah terkait.

Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan (C3) SMK

Mata pelajaran akuntansi keuangan merupakan bentuk tindak lanjut dari akuntansi dasar yang memaparkan materi akuntansi lebih rinci dan detail. Jadi, di dalam pelajaran akuntansi keuangan ini, akun-akun dala akuntansi akan dipelajari lebih mendalam lagi. Contohnya saja begini, jika di dalam akuntansi dasar kita mempelajari perihal piutang yaitu hanya mencatat pendapatan yang belum kita terima atas jasa/barang yang telah kita jual. 

Namun, di dalam akuntansi keuangan, piutang tidak hanya di catat sebatas itu saja. Melainkan, kita akan mempelajari tentang pengukuran dan pengakuan piutang, pencatatan piutang tidak tertagih, kartu piutang, dan masih banyak lagi, Jadi, akun-akun yang telah dipelajari pada akuntansi dasar, akan diperinci lagi di mata pelajaran akuntansi keuangan ini.

Kompetensi Dasar Akuntansi Keuangan (C3) SMK

Dengan mempelajari akuntansi keuangan, diharapkan siswa SMK dapat menganalisis berbagai transaksi keuangan yang terjadi di perusahaan, baik sektor jasa, dagang, maupun manufaktur.

Dalam aturan tentang KI KD mata pelajaran akuntansi keuangan, ditentukan bahwa setidaknya ada 21 Kompetensi Dasar yang harus dipelajari dan diselesaikan. Memang banyak, namun 21 Kompetensi Dasar ini dipelajari untuk kelas XI dan kelas XII.

Tidak ada aturan baku sampai nomor berapa yang harus dipelajari di kelas XI dan mulai nomor berapa yang harus dipelajari di kelas XII. Semua itu diserahkan pada kebijakan masing-masing satuan pendidikan. 

Namun, untuk silabus akuntansi keuangan kelas XI yang kami sajikan ini dimulai dari Kompetensi Dasar nomor 1 hingga nomor 10. Untuk lebih jelasnya simak tabel di bawah ini:

KD Semester 1 KD Semester 2
3.1Menganalisis berbagai pencatatan transaksi keuangan berupa penjualan barang dagangan secara kredit, wesel, dan penjualan angsuran4.1Melakukan pencatatan atas transaksi keuangan penjualan barang dagang secara kredit, wesel, dan penjualan angsuran
3.2Menerapkan pengukuran dan pengakuan piutang dagang perusahaan4.2Melakukan pengukuran dan pengakuan piutang dagang perusahaan
3.3Menganalisis metode langsung dan metode cadangan untuk piutang tidak tertagih4.3Melakukan penccatatan metode langsung dan metode cadangan untuk piutang tidak tertagih
3.4Menganalisis kartu piutang perusahaan dagang4.4Melakukan pencatatan kartu piutang perusahaan dagang
3.5Menganalisis contoh piutang wesel4.5Melakukan pencatatan transaksi keuangan berupa piutang wesel
3.6Menerapkan pencatatan utang jangka pendek yaitu pembelian barang dagang secara kredit, pembelian angsuran, utang pajak, wesel, pendapatan diterima dimuka, dan utang gaji4.6Melakukan pencatatan utang jangka pendek yaitu pembelian barang dagang secara kredit, pembelian angsuran, utang pajak, wesel, pendapatan diterima dimuka, dan utang gaji
3.7Menganalisis kartu utang perusahaan dagang4.7Melakukan pencatatan kartu utang perusahaan dagang
3.8Menerapkan pencatatan persediaan4.8Melakukan pencatatan persediaan
3.9Menerapkan metode persediaan (FIFO, LIFO, Average, dan identifikasi khusus)4.9Melakukan metode persediaan (FIFO, LIFO, Average, dan identifikasi khusus)
3.10Menganalisis harga pokok produksi perusahaan manufaktur4.10Menyusun harga pokok produksi perusahaan manufatur

Download Silabus Akuntansi Keuangan Kelas XI Kurikulum 2013 Revisi 2017

Untuk mendapatkan Silabus Akuntansi Keuangan Kelas XI Kurikulum 2013 revisi 2017 SMK dapat di download melalui tombol di bawah ini yang siap untuk diedit:

Nama File Silabus Akuntansi Keuangan Kelas XI
Jenis File WORD (.docs)
Ukuran 27 KB
Keterangan Siap diedit



Itulah tadi silabus keuangan kelas XI Kurikulum 2013 yang dapat kami bagikan. Sekali lagi, karena dalam pengembangan silabus ini kami kembangkan sendiri, jadi masih banyak kekurangannya. Untuk itu, masukan dan saran dari Bapak/Ibu Guru sangat kami tunggu.

Posting Komentar untuk "Download Silabus Akuntansi Keuangan Kelas XI Kurikulum 2013 Revisi 2017"