-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kumpulan Contoh Soal dan Pembahasan HOTS TWK SKD CPNS Bagian 1

Kumpulan Contoh Soal dan Pembahasan HOTS TWK SKD CPNS Bagian 1

Contoh Soal dan Pembahasan Tes Wawasan Kebangsaan SKD CPNS- Berikut ini kami sajikan kumpulan contoh soal latihan HOTS beserta pembahasannya Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) SKD CPNS. Ada lima bagian yang diujikan dalam TWK, yaitu nasionalisme, integritas, pilar negara, bela negara, dan bahasa Indonesia.

Kelima bagian itu kemudian di perinci lagi menjadi materi Pancasila, UUD 1945, Sistem Tata Negara, Bhineka Tunggal Ika, Kebijakan Pemerintah, Sejarah Indonesia, HAM, Pemahaman Bacaan, Kemampuan Berbahasa Indonesia, dan topik lainnya yang berhubungan dengan negara Indonesia tercinta kita ini.

Untuk meningkatkan pemahaman terhadap materi TWK, silahkan teman-teman dapat mempelajari beberapa contoh soal TWK di bawah ini.

Kumpulan Contoh Soal dan Pembahasan Tes Wawasaan Kebangsaan (TWK) SKD CPNS Bagian 1

1. Peraturan yang dianggap sebagai suara hati manusia. Aturan hidup tentang perilaku baik maupun buruk berdasarkan dengan kebenaran dan keadilan disebut..
a. Norma Agama
b. Norma Kesusilaan
c. Norma Kesopanan
d. Norma Keadilan
e. Norma Hukum

Jawaban: B
Norma kesusilaan ialah peraturan atau norma yang dianggap sebagai suara hati manusia atau bisa disebut sebagai aturan hidup tentang perilaku baik dan buruk berdasarkan dengan keadilan.

2. Monarkisme merupakan paham yang dimana kerjaan merupakan sumber utama dari kesejahteraan negaranya. Negara yang menerapkan ideologi ini adalah..
a. Australia
b. Rusia
c. Jerman
d. Brunei Darussalam
e. Amerika Serikat

Jawaban: D
Monarkisme merupakan paham dimana kerjaan merupakan sumber utama dari kesejahteraan negaranya. Saat ini masih banyak negara yang menganut dengan paham ini, diantaranya adalah Brunei Darussalam, Arab Saudi, Inggris, dan lainnya.

3. Secara harfiah, dasar negara Pancasila diartikan sebagai...
a. Lima pedoman kebangsaan
b. Lima komponen penting
c. Dasar yang memiliki lima unsur
d. Lima unsur hidup manusia
e. Falsafah yang memiliki lima pedoman negara

Jawaban: C
Secara harfiah, dasar negara Pancasila diartikan sebagai dasar yang memiliki lima unsur.

4. Judul pidato yang disampaikan oleh Ir. Soekarno dalam sidang Dokuritsu Junbi Cosakai (Badan Peneyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan) pada tanggal 1 Juni 1945 adalah..
a. Kesaktian Pancasila
b. Lahirnya bangsa Indonesia
c. Lahirnya Pancasila
d. Falsafah hidup Pancasila
e. Pedoman hidup berbangsa

Jawaban: D
Lahirnya Pancasila merupakan judul pidato yang disampaikan oleh Presiden Ir. Soekarno dalam sidang Dokuritsu Junbi Cosakai atau dalam Bahasa Indonesianya Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPKI) pada tanggal 1 Juni 1945.

5. Suka memberi pertolongan kepada orang lain agar dapat berdiri sendiri, merupakan bentuk nilai yang terkandung pada Pancasila sile ke...
a. Pertama
b. Kedua
c. Ketiga
d. Keempat
e. Kelima

Jawaban: E
Suka memberikan pertolongan kepada orang lain agar dapat berdiri sendiri merupakan bentuk amalan pada sila ke 5 Pancasila yaitu "Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia".

6. Tanggal 10 Januari 1950 dibentuk Panitia Teknis yang bertugas untuk merencanakan, merancang, dan merumuskan gambar lambang negara, yang dinamakan...
a. Panitia Delapan
b. Panitia Sembilan
c. Panitia Lencana Negara
d. Panitia Pembangunan
e. Panitia Lambang Negara

Jawaban: C
Pada tanggal 10 Januari 1950 dibentuk panitia teknis yang bernama Panitia Lencana Negara yang berada di bawah koordinator Menteri Negara Zonder Porto Folio Suktan Hamid II yang ditugaskan presiden untuk merencanakan, merancang, dan merumuskan gambar lambang negara Indonesia.

7. Rancangan lambang negara karya Sultan Hamid II akhirnya pada tanggal 10 Februari 1950 disetujui oleh presiden Ir. Soekarno dan diresmikan pemakaiannya dalam...
a. Sidang Kabinet RIS
b. Konferensi Asia-Afrika
c. Sidang PBB
d. Konferensi Meja Bundar
e. Kraton Kadriyah Pontianak

Jawaban: A
Rancangan lambang negara buah karya dari Sultan Hamid II disetujui oleh presiden Ir. Soekarno pada tanggal 10 Februari 1950 yang diresmikan pemakaiannya pada Sidang Kabinet RIS 11 Februari 1950

8. Dalam penjelasan UUD 1945 dinyatakan bahwa, "Negara Indonesia berdasarkan atas hukum (rechsstaa) tidak berdasarkan atas kekuasaan belaka (machsstaat)". Oleh karena itu, negara dalam menjalankan kegiatannya harus...
a. Berdasarkan pemerintah
b. Berdasarkan hukum
c. Mengacu pada kebutuhan
d. Menuruti keinginan penguasa
e. Merujuk pada kepentingan

Jawaban: B
Dalam Undang Undang Dasar (UUD 1945) dinyatakan bahwa, "Negara Indonesia berdasarkan atas hukum (rechsstaa) tidak berdasarkan atas kekuaan belaka (machsstaat)", yang dimana arti dari ayat tersebut adalah negara dalam menjalankan kegiatannya harus berdasarkan hukum.

9. Segala sesuatu masalah yang terjadi dan menyangkut pidana harus diselesaikan secara hukum, hal ini berdasarkan dengan pasal... UUD 1945.
a. 2
b. 1
c. 3
d. 5
e. 4

Jawaban: B
Pasal 1 ayat 3 Undang-Undang Dasar 1945 berbunyi, "Negara Indonesia adalah negara hukum." Jadi segala sesuatu permasalahan yang terjadi menyangkut pidana harus di selesaikan secara hukum.

10. Negara dapat terbentuk melalui adanya kelebihan dan dominasi seseorang atas orang lain.  Pemahaman tersebut merupakan intisari dari...
a. Teori perjanjian
b. Teori politik
c. Teori kekuasaan
d. Teori pemerintahan
e. Teori yuridis

Jawaban: C
Teori kekuasaan yang bersifat fisik menyatakan bahwa yang terkuatlah yang berkuasa (ajaran yang dianut oleh Machiaveli)

11. Sepanjang sejarah Indonesia, pemerintah telah melaksanakan pemilu sebanyak...
a. 10 kali
b. 11 kali
c, 6 kali
d. 9 kali
e. 4 kali

Jawaban: B
Sepanjang sejarah Indonesia, pemerintah telah melaksanakan pemilu sebanyak 11 sekali.

12. Lembaga negara yang menjalankan aktivitas pemerintahan daerah dan melaksanakan tugas mengatur rumah tangga daerahnya saat Indonesia baru merdeka adalah...
a. Komite Nasional Indonesia Merdeka
b. Komite Daerah
c. Komite Daerah Perbantuan Nasional
d. Komite Nasional Perbantuan Daerah
e. Komite Nasional Indonesia Daerah

Jawaban: E
Kalau di pusat ada Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP), sedangkan untuk di daeerah dibentuklah Komite Nasional Indonesia Daerah.

13. Negara yang pertama kali mengikuti kedaulatan Negara Republik Indonesia adalah...
a. Jepang
b. Amerika Serikat
c. Mesir
d. India
e. Thailand

Jawaban: C
Negara Mesir merupakan negara yang pertama kali mengikuti kedaulata negara Republik Indonesia melaui perjanjian kerjasama Indonesia-Mesir.

14. Berikut ini adalah nama-nama raja kerajaan Ternate-Tidore adalah sebagai berikut, kecuali...
a. Pangeran Nuku
b. Sultan Agung
c. Sultan Hairun
d. Sultan Baabullah
e. Zainal Abidin

Jawaban: B
Nama-nama raja yang pernah memimpin kerajaan Ternate-Tidore adalah Pangeran Nuku, Zainal Abidin, Sultan Hairun, Sultan Mansur, Sultan Baabullah.

15. Tiga tuntutan rakyat (Tritura) disampaikan oleh...
a. KAMI
b. Jong Celebes
c. Indische Partij
d. Jong Java
e.Tiga serangkai

Jawaban: C
Tiga tuntutan kepada pemerintah yang diserukan oleh para mahasiswa yang tergabung dalam KAMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia) menyampaikan Tritura tersebut. Isi dari Tritura tersebut ialah bubarkan PKI beserta ormasnya, perombakan kabinet Dwikora, serta tuntutan untuk menurunka harga sandang pangan.


Jika ada soal yang masih belum dimengerti, silahkan untuk bertanya di kolom komentar. Dan apabila ada kunci jawaban yang menurut teman-teman salah, jangan sungkan untuk memberi masukan dan sarannya. Terima kasih

Posting Komentar untuk "Kumpulan Contoh Soal dan Pembahasan HOTS TWK SKD CPNS Bagian 1"