-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Strategi Sukses Memilih Jurusan Untuk SNMPTN 2022

Strategi Sukses Memilih Jurusan Untuk SNMPTN 2022

Strategi memilih jurusan SNMPTN 2022 - Halo teman-teman, tidak terasa ya sebentar lagi masa-masa kelas 12 akan selesai, yang artinya seleksi masuk perguruan tinggi negeri jalur SNMPTN juga akan segera di mulai. Nah, untuk itu kali ini admin mau memberikan strategi sukses dalam memilih jurusan di SNMPTN nanti.

Namun, sebelum lebih lanjut kami akan menjelaskan apa sih SNMPTN itu?

Pengertian SNMPTN

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau biasa disebut SNMPTN merupakan salah satu jalur seleksi perguruan tinggi negeri di Indonesia yang menggunakan nilai raport, portofolio, prestasi dan aspek lainnya sebagai bobot dalam penyeleksiannya yang secara resmi di bawah tanggung jawab pihak LTMPT.

Mata Pelajaran untuk SNMPTN

Dalam hal nilai raport, SNMPTN sendiri tidak melibatkan semua mata pelajaran yang ada semasa di SMA/SMK. Hanya beberapa saja mata pelajaran yang nilainya digunakan dalam seleksi SNMPTN ini, di antaranya ialah:

Jurusan Mata Pelajaran
IPA
  1. Matematika
  2. Bahasa Indonesia
  3. Bahasa Inggris
  4. Kimia
  5. Fisika
  6. Biologi
IPS
  1. Matematika
  2. Bahasa Indonesia
  3. Bahasa Inggris
  4. Sosiologi
  5. Ekonomi
  6. Geografi
Bahasa
  1. Matematika
  2. Bahasa Indonesia
  3. Bahasa Inggris
  4. Sastra Indonesia
  5. Antropologi
  6. Salah satu bahasa asing
SMK
  1. Matematika
  2. Bahasa Indonesia
  3. Bahasa Inggris
  4. Kompetensi Keahlian

Ketentuan Pemilihan Jurusan SNMPTN 2022

Ada beberapa syarat dan aturan dalam pemilihan jurusan di SNMPTN 2022 ini, jadi kita tidak dapat sembarangan untuk memilih jurusan yang ada. Adapun syarat dan aturannya ialah:
  • Apabila memilih 2 program studi di perguruan tinggi yang berbeda, maka salah satu pilihan program studi tersebut HARUS berada di provinsi yang sama dengan sekolah SMA/SMK kalian.
  • Apabila hanya memilih 1 program studi, maka bebas untuk memilih perguruan tinggi negeri di mana saja.
Kalau masih bingung, nih kami kasih contoh.
Misalkan saya adalah seorang siswa yang bersekolah di domisili Jawa Tengah. Maka dalam memilih jurusan di SNMPTN 2022 ini, saya harus sebagai berikut.
  • Pilihan pertama : Akuntansi - Undip
  • Pilihan kedua : Akuntansi - UNS
Atau bisa juga,
  • Pilihan pertama : Manajemen - UGM
  • Pilihan kedua : Akuntansi - UNS
Atau bisa juga nih,
  • Pilihan pertama : Akuntansi - UI
  • Pilihan kedua : KOSONG
Nah jika pilihan saya seperti di atas, itu diperbolehkan. Namun, apabila pilihan saya seperti di bawah ini, maka sudah jelas tidak boleh. 
  • Pilihan pertama : Akuntansi - UGM
  • Pilihan kedua : Manajemen - Unpad
Atau,
  • Pilihan pertama : Akuntansi - UGM
  • Pilihan kedua : Manajemen - UGM
Kenapa tidak boleh? Karena kedua pilihan saya tersebut berada di luar provinsi domisili saya yaitu Jawa Tengah.

Cara Memilih Jurusan SNMPTN 2022 

Ada beberapa hal yang perlu teman-teman perhatikan dalam memilih jurusan, diantaranya adalah:

1. Jangan Lintas Jurusan

Lah memangnya kenapa kak?

Jadi begini teman-teman, pada seleksi SNMPTN, hal yang menjadi bobot utama dalam penilaian untuk menentukan lolos tidaknya adalah dari nilai yang kalian inputkan ke PDDS (hal ini biasanya di inputkan oleh pihak sekolah). Jadi, di usahakan jika saat ini teman-teman duduk dibangku SMA jurusan IPA, maka kalian ya daftar ke jurusan SAINTEK seperti kedokteran, farmasi, teknik, dll. Begitu juga dengan teman-teman yang duduk dibangku SMA jurusan IPS sebaiknya kalian memilih jurusan pada rumpun SOSHUM seperti manajemen, ilmu komunikasi, akuntansi, hubungan internasional, dll.

Mengapa demikian? Karena, jika teman-teman memilih program studi di PTN yang selaras dengan jurusan di SMA (IPA ke Saintek dan IPS ke Soshum) maka, pihak kampus yang kalian tuju akan menganggap kalian sudah ahli/expert.

Apabila kalian semasa SMA adalah anak IPA dan tidak memiliki nilai peminatan mapel ekonomi, maka bisa dipastikan aka susah menembus (lolos) SNMPTN apabila kalian memilih jurusan rumpun soshum (manajemen, akuntansi, ilkom, dll). 

Namun, masih ada peluang kok. Biasanya sistem akan memuat penyetaraan nilai, misalnya untuk nilai ekonomi dapat digantikan dengan nilai matematika karena memang  dasarnya sama yaitu hitung-hitungan dan juga terkadang ada materi yang sama seperti perhitungan pajak, bunga, dll.

Tetapi, nilai yang ada nanti tidaklah nilai murni kalian. Bisa jadi akibat penyetaraan, nilai matematika 85 karena penyetaraam (ingin mendaftar di soshum) maka nilai ekonominya menjadii 79. Hal tersebut karena kalian anak IPA yang tidak punya nilai ekonomi.

2. Passing Grade

Passing grade merupakan nilai terendah untuk bisa lolos pada program studi tertentu. Nilai ini sifatnya tidak tetap yang dimana bisa kita katakan setiap tahunnya berubah tergantung dengan pesaingnya.

Untuk memudahkan kalian dalam mencari info passing grade, kalian bisa menghubungi kakak kelas yang lolos pada jurusan yang kalian impikan. Misalnya, kamu sudah menentukan bahwa kamu akan memilih jurusan Akuntansi di UNS, maka tanyakanlah kepada kakak kelasmu yang sudah lolos SNMPTN pada jurusan Akuntansi - UNS. Jika tidak ada, maka tanyalah kepada kakak kelas yang lolos SNMPTN di fakultas ekonomi dan bisnis (karena tujuanmu di akuntansi).

3. Tingkat Keketatan Jurusan

Untuk mengetahui tingkat keketatan jurusan, teman-teman dapat mengunjungi website LTMPT kemudian pilih SNMPTN > Daftar PTN & Poltek. Dari keketatan tersebut, nantinya teman-teman dapat memilah jurusan mana yang memang tepat. Jangan ke depankan ego.

4. Relevansi dengan Nilai Raport

Maksud relevansi di sinilah adalah seperti ini, misalnya teman-teman ingin masuk ke jurusan ekonomi pembangunan, maka nilai pelajaran ekonomi dan matematika waktu di SMA harus lebih tinggi dari yang lainnya. Mengapa demikian? Karena jurusan yang kalian pilih tidak jauh dengan hitung-hitungan, jadi kedua mapel tadi harus lebih tinggi dari yang lain.

Untuk teman-teman yang ingin mengetahui jenis sertifikat/piagam apa saja yang dapat dilampirkan di SNMPTN 2022, dapat kalian baca pada artikel:

5. Faktor Alumni

Nah, faktor alumni ini bisa dikatakan hal yang sangat penting dalam penyeleksian mahasiswa baru di jalur SNMOTN ini, pasalnya perguruan tinggi biasanya menilai adik kelasnya dari kakak kelasnya yang sudah berkuliah di PTN yang bersangkutan. Misalnya, kalian ingin mendaftar di PTN A yang dimana di PTN tersebut ada kakak kelas kalian yang IPK nya selalu bagus (di atas 3,50), sering mengikuti lomba, maka otomatis nilai kalian juga akan tinggi dan sebaliknya.

Kredibilitas sekolah asal teman-teman akan di nilai tinggi oleh suatu kampus apabila ada mahasiswa dari sekolah tersebut yang memiliki nilai baik dan aktif dalam berbagai kegiatan kampus.

6. Nilai Sekolah

Untuk nilai sekolah sendiri, dipengaruhi oleh banyak hal, seperti akreditasi sekolah, prestasi siswa di berbagai lomba, olimpade,dll. Kemudian prestasi guru (olimpiade guru, penghargaan guru, dll), prestasi sekolah, dan lain sebagainya. Semakin banyak indeks prestasi sekolah kalian, maka semakin tinggi pula suatu PTN dalam memperhitungkan kelayakan kalian keterima di jalur SNMPTN.

7. Sekolah SMA/SMK Termasuk Top 1000 nilai TPS UTBK 2021

Di tahun 2021 kemarin, muncul isu bahwasanya setiap PTN akan memperhitungkan ranking dari sekolah berdasarkan nilai TPS di tahun sebelumnya. 

8. Cara Mengurutkan Jurusan di SNMPTN 2022

Dan yang terakhir yaitu bagaimana cara mengurutkan jurusan SNMPTN 2022 yang benar. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengurutkan jurusan ialah:
  1. Pilihan pertama merupakan program studi/jurusan yang paling kalian harapkan berdasarkan minat dan bakat teman-teman.
  2. Pilihan kedua ialah program studi/jurusan yang teman-teman sukai namun dengan keketatan yang rendah.
  3. Pastikan kedua pilihan program studi/jurusan yang kalian pilih di dukung dengan nilai raport yang baik dan relevan seperti yang saya jelaskan di poin 4 diatas.
  4. Diskusikan dengan keluarga utamanya orang tua dan juga BK.
  5. Yakinkan diri dan perbanyak doa.
  6. Jangan pernah putus berdoa.
Dan jikalau teman-teman udah pada tahap cetak kartu SNMPTN, teman-teman dapat membaca artikel "Ketentuan Cetak Kartu Tanda Peserta SNMPTN 2022" untuk info detailnya.

Nah itulah 8 strategi sukses dalam memilih jurusan di SNMPTN 2022 yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan good luck teman teman!

Posting Komentar untuk "Strategi Sukses Memilih Jurusan Untuk SNMPTN 2022"