Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
FAQ | Tanya Jawab Masalah Registrasi AKUN LTMPT 2022

FAQ | Tanya Jawab Masalah Registrasi AKUN LTMPT 2022

Tanya Jawab Masalah Registrasi AKUN LTMPT 2022

Pada artikel kali ini akan membahas mengenai masalah-masalah yang muncul saat registrasi atau pendaftaran akun LTMPT 2022 yang sering dialami oleh teman-teman beserta dengan solusinya. 

Sosilisasi penerimaan mahasiswa baru 2022 telah dilaksanakan oleh pihak LTMPT, dengan begitu maka Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi atau LTMPT pun akan segera menyelenggarakan seleksi penerimaan mahasiswa baru yaitu SNMPTN 2022 dan SBMPTN 2022. Ketua LTMPT, Bapak Mochamad Ashari menjelaskan bahwa untuk dapat  mengikutii seleksi masuk PTN jalur SNMPTN dan SBMPTN, para siswa diwajibkan untuk melakukan registrasi akun LTMPT terlebih dahulu. 

Tanya Jawab Masalah Registrasi Akun LTMPT 2022

1. Bagaimana jika tidak menerima email aktivasi?

Silahkan teman-teman periksa kotak masuk atau spam pada email yang didaftarkan. Pastikan teman-teman menggunakan aku googlemail ya selama mendaftar. Untuk masalah ini, biasanya disebabkan beberapa hal seperti typo dalam menuliskan email, banyak yang akses, atau email yang didaftarkan sudah tidak aktif. Solusinya adalah:
  • Saat mendaftar, tulis email dengan huruf pertamanya adalah huruf kapital. Sebagai contoh email kalian adalah adminkelaskuntansi@gmail.com maka saat mendaftar tulis emang menjadi "Adminkelasakuntansi@gmail.com". Setelah itu coba cek inbox atau spam di email kalian.
  • Solusi yang kedua, daftarkan ulang dengan yang baru di buat jika memang dalam waktu 1x24 jam belum mendapatkan email aktivasi dari LTMPT.

2. Bagaimana jika terjadi kesalahan data siswa?

Kendala mengenai NISN atau data siswa dapat diselesaikan melalui PUSDATIN Kemdikbud dan PENDIS Kemenag. Silahkan teman-teman dapat menghubungi pihak sekolah terkait masalah perbaikan data.

3. Bagaimana cara aktivasi akun email LTMPT?

Silahkan login ke akun email teman-teman. Biasanya, email dari LTMPT masuk ke email kalian pada bagian Inbox atau Spam, maka dari itu cek di kedua bagian tersebut. Isi dari email LTMPT nanti akan ada tautan untuk aktivasi akun, nah teman-teman tinggal klik saja tautan tersebut.

4. Kenapa terjadi masalah dengan API EMIS Kemenag?

Masalah ini biasanya disebabkan karena data EMIS sekolah yang belum disinkronkan dengan data dapodik, karena data yang digunakan untuk LTMPT merupakan data dari dapodik. Silahkan teman-teman lapor ke pihak sekolah agar segera mengajukan sinkronisasi data EMIS dan dapodik.

5. Jika di KK tidak ada kode pos, maka yang di isi di akun LTMPT apa?

Untuk kode pos bisa teman-teman cari di internet misalnya melalui web carikodepos.com. Biasanya kode pos itu per kecamatan, jadi misalkan kalian dari Kecamatan A. Tinggal ketik saja kecamatan kalian di bagian kolom pencarian di web tersebut.

6. Apakah bisa merubah alamat email yang sebelumnya sudah terverifikasi namun belum klik simpan permanen?

Jika ingin merubah alamat email akun LTMPT sekolah karena lupa, kalian dapat menghubungi sekretariat@ltmpt.ac.id

7. Kalau NISN nya bermasalah seperti ada kesalahan data jenis kelamin, bisa tidak ya?

Untuk perihal NISN, bagi kalian yang kelas 12 bisa langsung mengubungi pihak sekolah (TU). Merekalah yang dapat membenarkan data NISN.

8. Kalau tahun masuknya itu semester genap, bermasalah atau tidak?

Silahkan teman-teman dapat memperbaikinya dengan lapor kepada sekolah ya.

9. Sudah simpan permanen, tapi baru sadar kalau salah tulis RT itu bagaimana?

Kalau hanya masalah salah tulis RT, insya Allah masih aman dan tidak bermasalah.

10. Saya operator sekolah. Di PDSS LTMPT tidak muncul jurusan sehingga tidak bisa di finalisasi. Bagaimana solusinya?

Silahkan bisa langsung menghubungi call center LTMPT agar dibantu secara langsung via telepon ya.

11. Bagaimana jika RT/RW nya kosong dan sudah cetak kartu peserta?

Tidak masalah. Teman-teman bisa membetulkannya nanti ketika daftar ulang di kampus ya.

12. Pengisian Alamat di akun LTMPT disesuaikan dengan domisili atau KTP/KK?

Untuk alamat, silahkan diisi sesuai dengan tanda pengenal teman-teman ya (bisa KTP/KK/SIM). Hal ini dikarenakan pada saat registrasi ulang atau daftar ulang dan pelaksanaan UTBK SBMPTN, setiap peserta akan dicek kesesuaian identitas dirinya dengan kartu peserta.

13. Sistem masih sinkronisasi

Untuk masalah ini disebabkan karena sistem terlalu banyak yang mengakses (overload) yang mengakibatkan server pusat down. Solusinya, teman-teman cari waktu yang sekiranya sepi oleh pendaftar ya.

14. Terjadi kesalahan Api Pusdatin Kemdikbud

Sama seperti permasalahan poin ke 13 di atas, masalah kesalahan api pusdatin kemdikbud disebabkan banyaknya pengakses laman portal LTMPT di waktu yang bersamaan. Solusinya adalah cari waktu yang sekiranya laman portal LTMPT sepi pengaksesnya, contohnya tengah malam.

15. Saya sudah berulang kali login akun LTMPT, mengapa saya selalu gagal?

Masalah ini biasanya dimunculkan dengan informasi bahwa email atau password yang anda masukkan salah!. Dan seringnya hal ini didominasi oleh permasalahan seringnya mengakses lama portal LTMPT dengan satu browser yang kita gunakan, akibatnya banyak sampah atau cache yang tersimpan. Solusinya adalah:

Hapus cache browser

1. Pertama, silahkan teman-teman meng-klik titik tiga pada pojok kanan atas browser kalian.
2. Pilih "setelan" atau "pengaturan" atau "settings"
3. Setelah itu, cari menu "privasi dan keamanan" lalu klik.
4. Terakhir, teman-teman tinggal klik Hapus data penjelajahan.

Jika tidak bisa lagi, silahkan menggunakan browser yang lain. Bisa mozilla, opera, atau microsoft edge. Usahakan untuk menggunakan laptop atau komputer dalam mendaftar untuk mengurangi kesalahan yang tidak disengaja saat mendaftar.

16. Mengapa data registrasi tidak ditemukan?

Jika muncul pemberitahuan "Data registrasi tidak ditemukan. NISN yang anda masukkan tidak tercatat di basis data milik Kemdikbud. Mohon untuk menghubungi pihak sekolah untuk perbaikan data anda.", maka solusi yang dapat teman-teman lakukan adalah:
  1. Cek NISN kalian secara mandiri melalui situs NISN online. Jika NISN kalian muncul perbedaan baik berdasarkan nama, silahkan coba mendaftar LTMPT menggunakan NISN tersebut yang berbeda.
  2. Masalah ini biasanya disebabkan oleh data yang teman-teman masukkan saat mendaftar berbeda dengan data di dapodik. Jadi, solusinya adalah kalian tanyakan langsung kepada sekolah perihal nama kalian di dapodik yang menggunakan NISN tersebut. Tanyakan secara detail termasuk tanggal lahir kalian.
  3. Jika semuanya sudah dipastikan benar, berarti besar kemungkinan server pusat sedang down atau sedang ada perbaikan database pusat. Untuk itu, coba akses kembali 1 sampai 2 hari ke depan ya.

17. Bagaimana cara memperbaiki data salah tetapi sudah simpan permanen LTMPT 2022

Sesuai dengan pernyataan yang tercantum di disclaimer laman pendaftaran akun LTMPT, jika memang teman-teman sudah melakukan simpan permanen, maka data pada akun LTMPT tidak dapat di ubah kembali.

18. Bagaimana cara untuk mengubah foto saya di LTMPT yang sudah permanen?

Sekali lagi, seperti pada poin ke 17 di atas. Data yang sudah di simpan permanen tidak dapat diubah/diedit kembali.

19. Apakah dapat memperbaiki data LTMPT yang sudah di simpan permanen?

Pasti banyak di antara teman-teman yang menanyakan, "bagaimana sih caranya untuk memperbaiki atau mengubah data LTMPT yang sudah di simpan permanen?"

Seperti pada kedua poin sebelumnya, data yang sudah disimpan permanen tidak dapat di edit atau diubah atau diperbaiki lagi.

20. Bagaimana jika alamat LTMPT salah?

Saya saranin, dalam mengisi setiap data yang ada di portal LTMPT itu tetap pelan-pelan aja ya teman-teman. Tidak usah terburu-buru dalam mengisinya, cek satu per satu dan pastikan tidak ada yang salah sedikit pun. Begitu pula dengan alamat teman-teman, pastikan data yang kalian inputkan adalah benar. Tapi kalau sekedar salah di RT/RW atau kode pos itu tidak masalah, teman-teman dapat membenarkannya nanti ketika sudah lolos di jalur SNMPTN saat daftar ulang di kampus kalian.

Nah itu sedikit ulasan mengenai tanya jawab masalah registrasi akun LTMPT 2022. Semoga bermanfaat!
Agung Irianto
Agung Irianto Menulis menjadi hal wajib, karena ilmu tidak akan bermanfaat bila di tampung sendiri.

68 komentar untuk "FAQ | Tanya Jawab Masalah Registrasi AKUN LTMPT 2022"

  1. Permisi kak, mau nanya itu jika sekarang saya tinggal di A, dan KK saya sebenarnya di B
    Berarti isi akun ltmpt alamatnya ikuti KK ya, kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ada KTP, sesuaikan yg ada di KTP ya. Karna biasanya daftar ulang lolos snmptn atau pas UTBK itu harus nyertain kartu identitas juga

      Hapus
    2. nah nanti yg nentuin kita ujian itu kan akun ltmptnya bg sementara tempat yg tinggal saya yg diktp sama sekarang udah berbeda sangt jauh gitu bg trus mau balik kesan susah solusinya gimana bg

      Hapus
    3. Solusi terbaik perbarui alamat di KTPmu

      Hapus
  2. Kak klo di kk sya nggak ad alamatnya kak, jadi saya bisa nggak kosongkan alamat nya, beserta sya nggak punya ktp nggak sempat urus krn masih ad di pondok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ada kartu pelajar dari pondok. Silahkan isi alamat di ltmpt sesuai itu ya. Tapi lebih aman lagi kalau buat ktp

      Hapus
  3. Hallo Admin. Izin bertanya. Dalam Data Dapodik saya. Pendaftaran Masuk sekolah Pertama Kali, Alamat Tempat tinggal saya menggunakan Alamat Wali (Desa A) namun dalam 2 tahun terakhir Alamat tempat tinggal saya saat ini sesuai Dengan E-Ktp/Kk (Desa B) bersama orang tua. Kira-kira menurut admin apa yang perlu saya isi sebelum simpan permanen. Mohon dibantu admin πŸ™πŸ™.
    Terima Kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sesuaikan yang ada di KTP saja kak. Karna nanti waktu utbk atau daftar ulang lolos snmptn itu biasanya melampirkan kartu identitas diri (KTP, SIM, Paspor) dan KK juga

      Hapus
  4. Kak alamat domisi Lit yg di jalan sesuaikan sama jalan rumah apa gimana?

    BalasHapus
  5. Apakah masih bisa mengubah data data yang salah setelah lewat jam 15:00 pada tanggal 8 februari?

    BalasHapus
  6. halo kak, saya mau nanya nih untuk alamat domisili di verifikasi data LTMPT
    itu menggunakan alamat sesuai KTP atau alamat yang saya tinggal i sekarang?. sedangkan di KTP beralamat kota magelang dan saya tinggal di semarang selama ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh di isi Semarang, namun lampirkan juga surat pindah atau domisili ya. Saran juga alamat di KTP diperbarui disesuaikan dg domisili yg saat ini

      Hapus
  7. Kak kalo data RT/RW nya kebalik tapi udah simpan permanen, itu bisa diubah ga?atau berpengaruh engga waktu kelolosan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sudah simpan permanen, data tidak bisa di edit ya. Kalau cuma permasalahan tersebut, insya Allah masih aman dan tidak menjadi masalah

      Hapus
  8. Penulisan alamat rumah itu sesuai KTP(kapital) atau awalannya saja yg kapital seperti Desa Way Kalam / DESA WAY KALAM?

    BalasHapus
  9. Halo kak mau bertanya,sudah disimpan permanen dan data yang dibuat pada saat mengisi jumlah tanggungan salah,apalah itu akan berpengaruh kepada snmptn kak?terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau terkait jumlah tanggungan, insya Allah tidak menjadi masalah. Nanti bisa di perbarui datanya pas daftar ulang lolos snmptn

      Hapus
  10. Mau tanya kalau bagian jalan tempat sy gk ada alamat jalannya dimana di KK juga gk ada trs bagian jalannya diganti dusun aja atau dusun tambah RT RW ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cek di maps. Jika memang tidak ada, ditulis begitu tidak apa apa. Insya Allah aman, dan memang sesuai dengan yg ada di KTP/KK mu

      Hapus
  11. halo kak saya sudah simpan permanen dan masuk kuota snmptn mau nanya untuk nama itu tidak huruf kapital semua ga bermasalah? dan saya ada kesalahan di bagian alamat seharusnya itukan nama jalan tapi waktu mendaftar itu sudah otomatis jadi tidak saya ubah dan ternyata itu tidak sesuai malah dibagian alamat itu nama desanya
    terimakasih semoga di reply

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak masalah penulisan nama menggunakan huruf kecil semua, asal penulisan namanya tidak typo, insya Allah aman. Kalau sudah simpan permanen tidak bisa di ubah ya, semoga saja aman. Yg terpenting secara garis besar dari nama desa, RT/RW, kecamatan, Kabupaten, dan kode pos sesuai dengan data di KK

      Hapus
  12. Halo kak saya mau bertanya,jika salah nama jalan di akun ltmpt apakah akan berpengaruh saat mengikuti utbk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. insya Allah masih aman jika secara garis besar alamat di LTMPT sama dengan alamat yang ada di KTP/KKmu. Beda cerita kalau kamu nulis di LTMPT alamat Sumatera tpi di KTP jawa itu baru jadi masalah besar. Masalah alamat nanti bisa kamu perbaiki stlh keterima PTN

      Hapus
  13. permisi kak saya mau bertanya ttg gaji orang tua, jd saya sudah tinggal dengan wali pengganti orang tua asli saya karena kurang mampu, untuk di ltmpt saya harus tetap mengisi gaji orang tua asli atau gaji wali saya ya? dan apakah pekerjaannya diisi dengan pekerjaan wali saya juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. isi dengan yang membiayai kamu kuliah nantinya

      Hapus
  14. Maaf kak mau bertanya,tempat lahir di akun ltmpt,disesuaikan dengan KK atau iijazah?

    BalasHapus
  15. kak, kan nama jalan sudah terisi otomatis dari ltmpt, nama jalannya seperti nama desa saya, jadi saya menghiraukan nama jalannya karena sudah terisi otomatis dari sananya. posisi saya sudah simpan permanen. namun ternyata nama jalannya bisa diubah kata teman saya. apakah itu akan berbahaya untuk saya karena tidak mengganti nama jalan?πŸ™

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tidak tahu berbahayanya atau tidak. Asalkan alamat sudah sesuai dengan yg ada di KTP/KK insya Allah aman

      Hapus
    2. baik terimakasih kak, alhamdulillah alamat sesuaiπŸ™

      Hapus
  16. Permisi kak mau tanya. KTP saya itu provinsi Jawa barat sedangkan saya sekarang tinggal sendiri di Provinsi Jawa timur. Saya mengisi di akun ltmpt provinsi Jawa barat, PTN untuk SNMPTN yang akan saya ambil di wilayah Jatim. Apakah hal tersebut akan bermasalah? dan yang dimaksud dengan PTN sesuai domisili itu dilihat dari siswa tinggal dan bersekolah atau sesuai KTP?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau snmptn itu ptn yg se provinsi dengan sekolahmu

      Hapus
  17. Kak mau tanyk di data adik saya jurusan tidak muncul di sekolah sudah muncul kak dan diperbaiki, langkah seanjutnya apa ya

    BalasHapus
  18. Ka saya sudah permanenkan akun tapi jumlah tanggungan orang tua belum terisi pengaruh tidak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. insya Allah tidak. Nanti bisa diperbaiki kalau sudah keterima ptn

      Hapus
  19. Permisi kak, mau bertanya, sebenarnya saya sudah melakukan pengecekan berkali kali sebelum simpan permanen dan terisi semua, kemudian di bagian tanggungan orang tua saya isi 3 sesuai apa yang ada,setelah simpan permanen saya cek langsung juga tidak ada yang bermasalah tapi sekarang pada saat saya masuk akun ltmpt saya lihat data saya di akun ltmpt yang sudah permanen ini kok tertulis di bagian tanggungan ortu 'belum diisi' tercetak dengan warna merah, itu nanti berpengaruh tidak ya
    Terimakasih

    BalasHapus
  20. Permisi KK kalo alamat di KK sama alamat rumah yg sekarang beda hari isi alamat dari KK apa alamat yg sekrang kk

    BalasHapus
  21. Mau tanya , kan saya mengikuti KIP - K , di akun KIP - K kan alamat yang harus diisi sesuai dengan domisili -ya ka, sedangkan di akun ltmpt nanti alamat harus sesuai dengan KK , apakah nanti ketika sinkronisasi data ltmpt dengan KIP -K alamatnya berbeda dapat bermasalah kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau masalah alamat yg berbeda insya Allah tidak menjadi masalah. Yg terpenting pastikan NISN, NIK, NPSN, Nama dan tgl lahir yg kamu isikan antara di web ltmpt sama web kip sama persis

      Hapus
  22. Kak saya sudah permanen akun ltmpt tapi tempat tinggal saya berbeda ijazah dengan KK dan saya buat menurut ijazah. apakah sangat berbahaya kak dan gimana cara perbaikan nya KK?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau sudah permanen tidak bisa diedit ya. Semoga aja masih aman

      Hapus
  23. Assalamu'alaikum kak maaf saya mau tanya
    Salah dalam penulisan jalan itu nanti pengaruh atau tidak kak dlm SNMPTN dengan posisi saat ini saya sudah simpan permanen ?

    BalasHapus
  24. Permisi kak, mau tanya. Alamat KK saya di Jakarta sedangkan saya dari kecil tinggal di Jawa Tengah. data saya di sekolah itu alamat tempat tinggal. Jadi diisi sesuai KK atau alamat tempat tinggal kak?

    BalasHapus
  25. Kak kalo sekolah saya tidak terdaftar di ltmpt masih bisa ikut sbm ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. setahu saya tidak bisa jika sekolah tidak terdaftar ltmpt

      Hapus
  26. Ka bgaimna jika saya sudah mendaftar ltmpt snmptn tapi ternyata saya tidak terdftar sebagai siswa snmpt.??

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau kamu bisa mendaftar snmptn berarti km terdaftar sbg siswa eligible sekolahmu

      Hapus
  27. Halo kak,saya alumni alias gapyear dari tahun lalu.Jadi ketika saya sedang mengisi data,namun NIK saya tidak bisa diisi,solusinya bagaimana ya kak?apakah tidak masalah jika tidak diisi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. NIK wajib diisi ya. Coba ditunggu atau direfresh webnya

      Hapus
  28. Kak, saya ktp bali tp sekarang tinggal di Jogjauntuk alamat akun sbm pilih sesuai ktp apa domisli sekarang ya

    BalasHapus
  29. Kak mau nanyak nih kan saya gap year dan bersekolah di pondok ,nah pada saat saya buat akun ltmp dan waktu ferivikasi dan validasi data siswa selalu tidak sesuai apa yg saya tulis waktu diawal contoh nih kak
    :Misal alamat no hp ,kabupaten ,desa sudah saya ubah tp pas waktu simpan permanen yg muncul alamat desa sekolah saya beserta kabupatennya dan no hp yang saya isi juga hilang kan sama aja saya gak merubah namanya itu bagai mana ya kak ? Apakah nanti saya bisa ikut utbk kalau saya mengikuti alamat sekolah saya dan juga no hp tidak tercantum? Mohon jawabnya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba ditunggu, atau direfresh barangkali webnya sedang eror

      Hapus
  30. permisi bang, gimana jika salah isi rt/rw? salah isi angka gitu bang, apakah berpengaruh bagi kelulusan snmptn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih aman, nanti kalau sudah lolos bisa diperbaiki alamatnya

      Hapus
  31. Kakk kalo alamat kip dan akun lmpt berbeda gimana ya kak? Soalny saya ikut nenek orang tua saya sudah bercerai tapi KTP saya masih alamat orang tua saya dan KK saya ikut nenek apakah dipermasalahka? Mohon bantuanya kak

    BalasHapus
  32. Mau nanya kak..
    jadi gini waktu pendaftaran SNMPTN DAN KIP-K saya isi alamat pakai alamat tempat tinggal, sedangkan alamat sekarang dan alamat KK itu berbeda. Jadi pas pendaftaran ulang nanti saya isi pakai alamat KK atau tempat tinggal yah kak?

    kebetulan saya belum punya KTP

    BalasHapus
  33. Kak ortu saya PNS, kmaren saya belum tau kalo PNS gk boleh daftar kip, sekarang waktu saya daftar UTBK udah ada no kip, bagaimana solusinya kak πŸ™πŸ™

    BalasHapus
  34. Kak, kalau seandainya jumlah tanggungan orang tua di ltmpt berbeda dengan yang di utbk sbmptn gimana ?

    BalasHapus
  35. Izin bertanya kak misalkan tanggal sama bulan lahir di LTMPT beda sama yg di KTP itu berpengaruh gak kak buat ikut SBM

    BalasHapus

Demi peningkatan kualitas blog kelasakuntansi.my.id, setiap komentar yang masuk akan kami sortir terlebih dahulu. Silahkan centang kotak "Notify Me" atau "Beri tahu saya" untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar.