Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Contoh Deskripsi Keadaan Ekonomi Keluarga di KIP Kuliah 2022

Contoh Deskripsi Keadaan Ekonomi Keluarga di KIP Kuliah 2022

Contoh Deskripsi Keadaan Ekonomi Keluarga di KIP Kuliah 2022

Contoh Deskripsi Keadaan Ekonomi Untuk KIP Kuliah - Halo pejuang KIP Kuliah 2022! Dalam mendaftar beasiswa KIP Kuliah, setiap calon pelamar diwajibkan untuk mengisi setiap bagian yang muncul di web kip kuliah, salah satunya yaitu deskripsi keadaan ekonomi. Mengapa mengisi deskripsi keadaan ekonomi ini wajib? Karena melalui deskripsi tersebut, pihak panitia KIP Kuliah akan mengetahui bagaimana gambaran kondisi ekonomi kalian di samping dengan dokumen-dokumen yang telah teman-teman lampirkan. Pastikan deskripsi ini sejujurnya sesuai dengan kondisi real ekonomi teman-teman yaa..

Tentang Deskripsi Keadaan Ekonomi Untuk KIP Kuliah

Deskripsi keadaan ekonomi keluarga di KIP Kuliah merupakan bagian yang perlu kalian isi setelah melampirkan dokumen pendukung seperti KIS/PKH/KKS atau dapat juga menggunakan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari desa atau kecamatan. Deskripsi keadaan ekonomi keluarga ini bisa saja menjadi bahan pertimbangan pihak panitia dalam menentukan layak atau tidaknya teman-teman menerima manfaat beasiswa ini. Karena sekali lagi, beasiswa ini hanya dikhususkan kepada calon mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak/kurang mampu. 

Ceritakan secara mendetail tapi ringkas bagaimana kondisi keluarga kalian apa adanya dan usahakan isi deskripsi berkaitan dengan dokumen-dokumen yang telah kalian lampirkan sebelumnya.

Data-data yang Perlu Diisi Pada Bagian Ekonomi KIP Kuliah 2022

Ada beberapa data yang wajib kalian isi atau lengkapi saat mendaftar KIP Kuliah 2022. Pada bagian "ekonomi", sebelum mengisi deskripsi keadaan ekonomi ada beberapa kolom data yang perlu diisi, diantaranya adalah:

  • Dokumen pendukung keadaan/kondisi ekonomi yang meliputi scan KIP Pelajar, KKS, PKH atau bagi yang tidak memiliki ketiga dokumen tersebut dapat melampirkan SKTM dari desa/kecamatan domisili kalian),
  • Deskripsi keadaan ekonomi,
  • Penghasilan ayah rata-rata per bulan (sesuai kenyataan),
  • Penghasilan ibu rata-rata per bulan (sesuai kenyataan),
  • Hutang,
  • Piutang,
  • Cicilan piutang, dan
  • Tabungan keluarga

Contoh Deskripsi Keadaan Ekonomi di KIP Kuliah

Berikut ini adalah beberapa contoh deskripsi keadaan ekonomi untuk KIP Kuliah 2022 yang dapat teman-tema jadikan referensi. Tetaplah untuk mengedit contoh dibawah ini berdasarkan dengan kondisi sebenarnya ekonomi keluarga kalian. Jangan jadikan patokan wajib ya :)

Contoh Deskripsi Keadaan Ekonomi untuk Orang Tua Petani 

"Saya berasal dari keluarga yang kurang mampu, ayah saya bermata pencaharian sebagai seorang buruh tani di lahan milik orang lain dengan penghasilan yang tidak pasti setiap bulannya. Sedangkan ibu saya tidak bekerja dan harus mengurus rumah tangga sehingga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti biaya sekolah saya dan adik saya sangat pas-pasan. Meskipun demikian, keluarga saya tidak menerima manfaat PKH/KIS/KKS dari pemerintah sehingga saya menggunakan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari desa sebagai dokumen pendukung keadaan ekonomi keluarga saya untuk melengkapi data KIP Kuliah."

Contoh Deskripsi Keadaan Ekonomi dengan Orang Tua sebagai Karyawan

"Saya berasal dari keluarga yang kurang mampu, sehari-harinya ayah saya bermata pencaharian sebagai karyawan pabrik dengan status pekerjaan yang masih kontrak dan berpenghasilan di bawah UMR kabupaten tempat saya tinggal. Sedangkan untuk ibu saya tidak bekerja, sehingga segala kebutuhan keluarga ditanggung oleh ayah sendiri yang berakibat dalam memenuhi kebutuhan biaya sekolah saya dan adik-adik saya sangat pas-pasan. Meskipun keluarga saya tergolong dari keluarga yang kurang mampu, keluarga saya belum mendapatkan bantuan PKH/KIS/KKS dari pemerintah. Maka dari itu, untuk melengkapi dokumen pendukung KIP Kuliah saya, saya melampirkan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang berasal dari desa/kecamatan."

Contoh Deskripsi Keadaan Ekonomi KIP Kuliah Untuk KIP Kuliah (Orang Tua Ada yang Meninggal)

"Saya berasal dari keluarga yang kurang mampu, ayah sudah meninggal dunia sedangkan ibu saya bekerja sebagai buruh harian lepas pabrik dan tulung punggung keluarga satu-satunya dengan gaji di bawah UMR kabupaten domisili tempat saya tinggal. Segala kebutuhan keluarga ditanggung oleh ibu sehingga untuk memenuhi kebutuhan sekolah saya dan adik-adik saya sangat kurang dan pas-pasan. Meskipun demikian, keluarga saya tidak mendapatkan bantuan dari pemerintah seperti PKH/KIS/KKS. Oleh sebab itu, saya melampirkan dokumen pendukung berupa Surat Keterangan Tidak Mampu dari pemerintah desa domisili saya untuk melengkapi dokumen KIP Kuliah."

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan artikel kali ini mengenai contoh deskripsi keadaan ekonomi untuk KIP Kuliah 2022. Buat teman-teman yang memiliki pertanyaan terkait bagaimana cara mengisi nomor KIP dan KKS di Dapodik pada bagian Biodata Diri KIP Kuliah dan juga ingin mengecek apakah terdaftar dalam DTKS atau tidak, kalian bisa baca dua artikel di bawah ini ya.

Agung Irianto
Agung Irianto Menulis menjadi hal wajib, karena ilmu tidak akan bermanfaat bila di tampung sendiri.

Posting Komentar untuk "Contoh Deskripsi Keadaan Ekonomi Keluarga di KIP Kuliah 2022"